Connect with us

Sidoarjo

Akhir Tahun, Pemdes Lambangan Kebut Pembangunan Drainase

Diterbitkan

||

Kasun, Sugito memantau pembangunan drainase di Dusun Kemulan Desa Lambangan. (par)

Memontum Sidoarjo—–Di awal Desember 2018 Pemdes Lambangan Kecamatan Wonoayu masih giat membangun agar anggaran dari pemerintah dapat terserap dan bermanfaat untuk warga. Di musim penghujan ini prioritas pembangunan berada di dusun Kemulan, tepatnya RT 3 RW 3.

Pasalnya lingkungan tersebut pekarangan warga kerap terendam air ketika hujan. Sebagaimana disampaikan oleh Saiful, warga desa setempat. Menurutnya di musim penghujan seperti ini pekarangan terendam air dan sulit surut kalau hujan, karena saluran yang ada kurang optimal.

Dengan kondsi seperti ini akhirnya dibangun saluran dengan dana bersumber anggaran dari pusat ( Dana Desa ) pembangunan drainase dilaksanakan dilingkungan tersebut. Warga setempat banyak yang terlibat dalam pelaksanaannya.

Hal itu disampaikan oleh Kasun Kemulan Sugito saat dilokasi. Menurutnya, seperti petunjuk Kepala Desa, bahwa pembangunan drainase ini diupayakan memberdayakan warga sendiri, agar ada rasa memiliki, sehingga hasilnya baik dan maksimal. “ Tak kurang sebanyak 25 orang warga setiap hari terlibat dalam proyek,” jelasnya.

Namun demikian persoalan genangan air dipekarangan tak lepas dari kondisi anak avfur Kemasan yang menjadi buangan dari saluran drainase itu . Sudarmono warga dusun setempat memaparkan, jika pembangunan drainase ini memang akan menyelesaikan banjir di pekarangan, namun terkikisnya air akan lebih cepat bila anak avfur Kemasan yang berada di belakang kampung digali,.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Lambangan, Mulyanto. Dikatakan Mulyanto dua kali dalam setahun secara swadaya desa menggali anak avfur Kemasan yang selalu longsor , agar air mengalir lancar.

“ Saluran itu juga saluran buangan air dari desa Becirongengor dan desa Karangpuri, jadi sebenarnya masih menjadi kewenangan Dinas PUPR kabupaten Sidoarjo. Maka kami mengharap pihak PUPR Sidoarjo memperhatikan saluran itu, ” pinta Kades. (par/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *