Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Ribuan warga Silo Gelar Demo Tuntut Pemerintah Cabut Kepmen ESDM nomor 1802

  • Senin, 10 Desember 2018 | 17:13
  • / 1 Rabiul Akhir 1440
Ribuan warga Silo Gelar Demo Tuntut Pemerintah Cabut Kepmen ESDM nomor 1802
Saat Bupati jember Menemui Para pendemo. (yud)

Memontum Jember Ribuan Warga Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (10/12/2018) menggelar aksi Demo menuntut Pemerintah mencabut Kepmen ESDM nomor 1802 Lampiran 4, tentang ijin tambang di Silo.

Mereka tidak percaya peryataan Gubernur Jawa Timur yang mengaku telah berkomunikasi dengan rakyat, Menurutnya, semua Itu omong kosong, teriak para peserta aksi di depan Pemkab Jember yang sebelumnya digelar di depan kantor DPRD Jember yang dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju kantor ini.

Mereka hanya minta Cabut Surat Keputusan Menteri (Kepmen) tentang penambangan. “Yang kami minta adalah gagal lelang, Cabut Kepmen ESDM nomor 1802 lampiran 4 tentang pemberian izin penambangan di Blok Silo, ” teriak korlap aksi Heru Purnomo yang disambut oleh teriakanTolak tambang…. tolak tambang dari peserta aksi.

Sementara itu Bupati Jember dr Hj Faida MMr

dan Wakil Bupati Drs Abdul Muqit arief yang menemui para pendemo mengatakan, bahwa Bupati dan Wakil Bupati satu suara dengan Warga silo, untuk menolak tambang di Silo.

“Sampai dikeluarkannya Surat keputusan oleh Mentri ESDM lampiran Ke 4 Blok Silo, tidak ada Selembarpun surat Rekomendasi dari pemerintah Jember, ” teriak Faida di atas Mobil Para Pendemo di dampingi Wabup yang akrab disapa Ky muqit.

Lanjut Faida, bahwa SK dari Mentri tersebut terbit dari Rekomendasi Provinsi Jawa timur karena Perizinan Tambang bukan Kewenangan dari Kabupaten tetapi kewenangan Provinsi.

“Jadi Surat Keputusan dari Kementrian tersebut karena ada rekomandasi Provinsi Jawa timur,” katanya.

Faida menerangkan, Keinginan Masyarakat Silo bahwa di Blok Silo tidak ada pertambangan sudah direspon.

“Bahkan Saya sudah menghadap Mentri ESDM Ignatius Jonan menyampaikan Asprirasi Warga Silo, bahwa Rakyat Silo Keberatan bahkan Menolak Pertambangan di Silo,” terangnya. (yud/oso)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional