Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Alumni UM Raih Juara Vlog Tingkat Nasional

  • Senin, 17 Desember 2018 | 18:13
  • / 8 Rabiul Akhir 1440
Alumni UM Raih Juara Vlog Tingkat Nasional
Agus Arifin Wijaya, M. Pd, meraih juara 1, mendapatkan hadiah utama Rp. 10 juta. (ist)

Memontum Kota MalangMahasiswa lulusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM), Agus Arifin Wijaya, M. Pd., berhasil menyabet gelar juara 1 dalam ajang Millenial Vlog Kontes yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, mulai 21 November hingga 4 Desember 2018. Dalam event berskala nasional memperingati Hari Ikan Nasional setiap 21 November ini, diikuti oleh para Vlogger dari seluruh Indonesia yang bersaing memperebutkan hadiah utama senilai 10 juta.

Menurut Agus, vlog yang ia buat membutuhkan waktu selama 4 hari dengan proses syuting dan proses editing masing-masing selama 2 hari. Selama proses pembuatan vlog, Agus menitikberatkan pada mimik wajah. Selain itu, pembawaan karakter yang tepat akan memunculkan vlog yang menarik. Begitu pula dengan informasi-informasi di dalamnya harus disusun rapi dengan durasi video yang minim. “Vlog saya bisa mendapatkan gelar juara, karena memuat konten yang sangat informatif, edukasi, dan entertainment. Di dalamnya saya sematkan mimik-mimik wajah yang menarik dan mengundang penonton untuk betah menonton video saya,” tambahnya.

Menurutnya, kontes yang diikuti pada tahun ini sangat menarik, karena membuat vlog di ruang publik. Selama proses pembuatan vlog, peserta dituntut mental yang tinggi dan harus percaya diri. “Saat syuting di pasar besar, saya berada ditengah keramaian pasar. Saya harus tetap konsisten menjaga mental saya saat melakukan vlog. Karena kalau sudah gerogi dan kurang percaya diri, vlog yang saya buat tentunya akan kurang menarik,” paparnya.

Agus menambahkan, alasan mengikuti kontes tersebut, karena ingin bertemu Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti. “Namun sayangnya pada hari H, salah satu panitia mengabarkan jika Ibu Susi belum bisa hadir, karena masih ada di Maroko,” tutur Agus.

Prestasinya dibidang fotografi, khususnya videografi dirintis sejak tahun 2016 sampai sekarang. Sudah 17 kejuaraan ia menangi melalui lomba foto dan video, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional. Menurutnya, semua pencapaian itu tidaklah mudah didapatkan. Meski begitu, Agus menyayangkan semua prestasi itu dicapai setelah ia lulus program sarjana. “Target Mahasiswa Berprestasi tingkat non akademik pun tidak bisa saya dapatkan di Magister. Sungguh saya sangat menyayangkan mengapa saya memulainya sejak tahun 2016,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Agus berpesan kepada para pemuda pemudi Indonesia, khususnya adik-adik mahasiswa UM agar mereka memperbanyak prestasi dibidang akademik atau non-akademik. “Jangan pernah sia-siakan waktu 4 tahunmu selama kuliah. Memang itu waktu yang cukup lama, tapi itu waktu yang sedikit jika dibandingkan perjalanan hidupmu nantinya. Insyaallah pekerjaan dan pencapaian yang lain akan ikut menghampirimu,” pesannya. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional