Connect with us

Kota Malang

UIN Maliki Raih BI Corner Award 2018

Diterbitkan

||

Perwakilan UIN Maliki menerima penghargaan BI Corner Award 2018. (ist)

Memontum Kota Malang—–Bank Indonesia menganugerahkan penghargaan Pojok Baca BI (BI Corner) terbaik dalam BI Corner Award 2018. Penghargaan diberikan kepada 12 (dua belas) sekolah/lembaga yang melakukan pengelolaan BI Corner terbaik tingkat nasional untuk kategori Perguruan Tinggi, SMA/sederajat, Pojok Baca dan Dongeng PAUD (PBD), dan umum. Salah satu BI Corner di wilayah kerja Bank Indonesia Malang berhasil meraih penghargaan adalah BI Corner Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang, yang menjadi BI Corner terbaik II kategori perguruan tinggi tingkat nasional, dan terbaik I kategori perguruan tinggi se-Pulau Jawa.

Kompetisi BI Corner Award 2018 diikuti sebanyak 471 BI Corner dan 183 PBD. Penghargaan BI Corner Award 2018 diberikan langsung oleh Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, di Museum Bank Indonesia, Jakarta, pada Senin (17/12/2018). Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Tim Advisory Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Malang, Jaka Setyawan, Dekan Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang, Dr. H. Nur Asnawi, M.Ag, serta perwakilan dari pengelola BI Corner UIN Maliki Malang.

Deputi Gubernur Senior BI menyampaikan, BI Corner diimplementasikan sebagai salah satu bentuk perhatian BI terhadap peningkatan kualitas pengetahuan generasi muda melalui penyediaan perpustakaan sebagai media menggali pengetahuan dan informasi, antara lain mengenai perkembangan ekonomi Indonesia dan pelaksanaan tugas BI di bidang moneter, stabilitas sistem keuangan dan sistem pembayaran, baik tunai maupun nontunai.

Para penerima penghargaan BI Corner Award terpilih karena kemampuannya dalam berbagai aspek, yaitu pemeliharaan fisik BI Corner, manajemen pengelolaan, komitmen kebijakan lembaga penerima program, publikasi, kegiatan dan kerjasama yang dilakukan lembaga, dampak BI Corner terhadap lembaga dan pengguna, serta komitmen lembaga untuk mengembangkan BI Corner secara mandiri.

BI Corner Award 2018 merupakan kompetisi pertama yang diselenggarakan BI. Rencananya akan diselenggarakan secara rutin tiap tahun. Selain memberikan apresiasi kepada sekolah/lembaga yang memiliki komitmen dalam mengelola BI Corner, penghargaan juga diberikan untuk meningkatkan kebermanfaatan dan keberlanjutan program (sustainibility), dan mendorong aktivitas BI Corner di masing-masing sekolah/lembaga dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pelaksanaan tugas BI.

Kepala Tim Advisory Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Malang, Jaka Setyawan, mengatakan Program BI Corner telah diinisiasi oleh Bank Indonesia sejak tahun 2015 sebagai bagian dari tema unggulan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yaitu Indonesia Cerdas. Program yang digagas BI ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan sarana perpustakaan mini dengan desain yang menarik dan nyaman, serta menyediakan akses informasi dan literatur berkualitas, baik dalam bentuk cetak maupun e-book dari dalam dan luar negeri.

BI Corner yang diimplementasikan di Perguruan Tinggi, fasilitas publik, SMA/Sederajat dan PAUD/TK/Raudhatul Athfal juga menyediakan berbagai program aktivitas sebagai sarana pembelajaran dan pusat penelitian bagi mahasiswa/pelajar dan masyarakat umum sebagai bentuk dukungan nyata Bank Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat. “Saat ini telah dibangun 721 BI Corner, termasuk 250 BI Corner yang dibangun tahun 2018, serta 183 PBD di seluruh Indonesia. BI menargetkan jumlah BI Corner mencapai 1.000 di seluruh level pendidikan dan fasilitas publik strategis hingga tahun 2020,” jelas Jaka.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi UIN Maliki Malang, Dr. H. Nur Asnawi, M.Ag , berharap BI Corner UIN Maliki Malang dapat memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan. “Selama ini BI Corner UIN Maliki Malang aktif melakukan berbagai kegiatan diantaranya; BI Corner Challenge, Kantin (Kajian Intelektual), Pulpen (publikasi penelitian), Smart writer (menulis proposal, tesis, dll), Seminar edukasi, holiday BI Corner, dan open rekruitmen,” jelasnya. (rhd/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler