Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Berbagai Tarian Meriahkan Pesona Gondanglegi 2018

  • Kamis, 20 Desember 2018 | 14:52
  • / 11 Rabiul Akhir 1440
Berbagai Tarian Meriahkan Pesona Gondanglegi 2018
MERIAH : Suasana Pesona Budaya Gondanglegi. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Memontum-MalangGiat rutin tahunan yang diselenggarakan Muspika Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang Kamis (20/12/2018) siang hingga senja nanti.

Dalam giat tersebut  memamerkan berbagai budaya dan seni masyarakat Kabupaten Malang yang dikemas dalam Pesona Budaya Gondanglegi.

Ketua  Panitia Pesona Gondanglegi 2018, Sugeng Harianto mengatakan, Pesona Gondanglegi ini sudah berjalan 7 tahun dan merupakan tradisi yang berisi tampilan berbagai kesenian yang berkembang di Jawa dengan berbagai etnis yang ada di dalamnya, sehingga budaya yang ditampilkan pun cukup beragam yang mencerminkan kekayaan budaya nusantara.

“Dalam Pesona Gondanglegi ini menampilkan berbagai budaya yang ada, bahkan ada yang mengkolaborasikan dengan seni modern,” ungkap Sugeng yang akrab disapa Singgih Cimeng.

Selain itu, lanjut Singgih Cimeng, para peserta yang berjumlah 27 group ini bakal berjalan sejauh 5 kilometer.

“Mereka start dari depan Stadion Tawangsari dan  finish di depan kantor BNI,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang, yang sekaligus sebagai Plt Bupati Malang, HM Sanusi menyampaikan, pihaknya mengapresiasi positif kegiatan yang dipelopori oleh mantan Camat Gondanglegi Kamti Astuti, yang diharapkan dapat menjadi ajang untuk nguri-nguri kebudayaan Indonesia.

”Dengan adanya kegiatan yang digelar dalam satu tahun sekali ini diharapkan dapat menularkan spirit untuk mewujudkan Kabupaten Malang sebagai jantungnya Jawa Timur seperti selogan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yaitu The Heart Of East Java,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Sanusi, dengan Pesona Gondanglegi ke-7 ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian warga setempat.

“Semoga dengan adanya Pesona Gondanglegi ini dapat mengenalkan dan melestarikan aneka budaya dan kesenian yang ada di Indonesia dengan meng-upgrade budaya dan kreativitas masyarakat,” pungkasnya. (sur)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional