Connect with us

Lamongan

Pasokan Ikan Nelayan Turun, Picu Harga Melambung 30 Persen

Diterbitkan

||

Pasokan Ikan Nelayan Turun, Picu Harga Melambung 30 Persen

Memontum Lamongan – Menurunnya pasokan ikan dari nelayan dan petani tambak membuat harga ikan air tawar dan ikan laut di pasar ikan Lamongan melambung. Bahkan, kenaikan harga ikan ini mencapai 30 persen dari harga sebelumnya dan berlaku untuk hampir semua jenis ikan air tawar dan ikan laut.

Berdasarkan data yang diperoleh, untuk ikan air tawar jenis bandeng yang sebelumnya seharga Rp. 26 ribu, kini menjadi Rp. 31 ribu perkilo gram, ikan mujair yang sebelumnya Rp. 24 ribu kini menjadi Rp. 40 ribu, serta udang yang sebelumnya Rp. 45 ribu, kini menjadi Rp 55 ribu perkilo gram.

Sedangkan untuk harga ikan laut jenis kuningan sebelumnya Rp. 12 ribu, kini Rp. 13 ribu perkilo gram Cumi-cumi sebelumnya Rp. 35 ribu, kini menjadi Rp 45 ribu perkilo gram, serta ikan selar sebelumnya Rp. 10 ribu, kini Rp. 12 ribu perkilo gram.

Hudari, penjual ikan air tawar di pasar ikan Lamongan mengungkapkan kenaikan harga ikan air tawar sudah berlangsung selama kurang lebih sepekan terakhir, karena pasokan ikan menurun. “Untuk ikan tawar, kan sekarang baru waktunya menebar benih dan stoknya sudah habis,” kata Hudari, Minggu (6/1/2019).

Pernyataan senada juga disampaikan Masrip, penjual ikan laut yang menyebut pasokan ikan dari nelayan memang sedang menurun akibat cuaca buruk. “Harga ikan laut sekarang mahal, nggak ada yang melaut, nelayan nggak berani karena anginnya kencang,” kata Masrip. (ifa/zen/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *