Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Pemprov Jatim Dorong Pers Jaga Keberimbangan

  • Selasa, 15 Januari 2019 | 17:56
  • / 8 Jumadil Uula 1440
Pemprov Jatim Dorong Pers Jaga Keberimbangan
Wabup Mochammad Nur Arifin melantik 131 Kepala Desa di pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek

Memontum Surabaya—-Menjelang pesta demokrasi dan politik nasional di Indonesia, Pers dituntut harus mampu tampil secara berimbang, bermartabat, beretika dan menyejukkan. Utamanya dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang positif.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono saat menghadiri seminar dengan Tema ‘Menyongsong Pesta Demokrasi Dengan Martabat’ dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019, di Aula Fisip Kampus B Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Selasa (15/1/2019).

Ia menegaskan, Pers harus mampu menyampaikan informasi secara martabat dan berimbang kepada masyarakat. Apalagi beberapa bulan mendatang, Bangsa Indonesia akan menghadapi event politik nasional yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

Untuk itu, Sekdaprov Heru menilai, besarnya suatu bangsa salah satunya terdapat campur tangan insan pers dalam menginformasikan berita kepada dunia sehingga terbangun dengan baik dan berimbang.

“Informasi yang diberikan kepada masyarakat haruslah bermartabat, berimbang hingga mendidik kepada masyarakat,” terangnya.

Diakuinya, keberadaan pers telah menjadi literatur pembelajaran bagi masyarakat dalam mencari sebuah kebenaran informasi. Kondisi tersebut dipermudah dengan pers yang bisa diakses secara online melalui gadget ataupun koran yang berbentuk cetak.

Ia berharap, melalui kegiatan seminar atau diskusi yang diselenggarakan pada rangkaian HPN ini dapat mewujudkan sebuah pembelajaran. Sehingga dapat mewujudkan pers yang bermartabat. Pers juga dituntut mampu mengatasi dan melawan berita-berita bohong atau hoax.

“Berita bohong atau hoax adalah berita yang salah dan tidak betul. Dan itu harus kita lawan. Itu semua adalah tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, pers hingga PWI guna memberikan pembelajaran yang memberikan informasi kepada masyarakat,” tutupnya. (sur/ano/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional