Memontum.Com

POLITEKNIK NEGERI MALANG

Guru di Jember, Berguru pada KPU

  • Sabtu, 19 Januari 2019 | 20:13
  • / 12 Jumadil Uula 1440
Guru di Jember, Berguru pada KPU

Memontum Jember – Belasan Guru dari SMP Negeri 2 Jember, Sabtu (19/1/2019) pagi, berkunjung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember.

Kedatangan mereka ke KPU tersebut, untuk mempelajari tentang sistem Pemilihan Umum (Pemilu) di Rumah Pintar Pemilu.

“Mereka ingin sharing tentang ilmu kepemiluan yang itu memang diperlukan untuk bahan pelajaran sekolah, ” kata Divisi SDM dan Parmas KPU Jember, Ahmad Hanafi kepada awak media.

Pihaknya merencanakan, kegiatan seperti itu akan diselenggarakan tiap Sabtu dengan peserta berlatar belakang berbeda-beda.

Hanafi menjelaskan, pendidikan politik mengenai kepemiluan sangat penting bagi guru, karena para guru akan mengajarkannya kepada siswa dan siswinya.

“Sehingga, nantinya guru-guru tersebut mendapat pengetahuan yang cukup untuk kemudahan proses belajar dan mengajar, ” jelasnya.

Hanafi mengatakan, ada banyak sekali hal-hal penting yang disampaikan kepada mereka tentang kepemiluan, mulai parameter demokrasi sampai dengam penyelenggaraan pemilunya.

“Tentunya ini bermanfaat bagi mereka terkait persoalan kepemiluan,” katanya.

Ismu Ulayyah salah satu Guru SMP Negeri 2 Jember mengakui, selama ini pihaknya hanya memahami informasi Pemilu dari buku-buku dan internet.

Berkat adanya kegiatan bersama KPU, sehingga, para guru mendapat pengetahuan langsung, praktis dan lebih detil.

“Ini sangat penting untuk kemudian disampaikan kepada siswa dan siswi, bukan hanya teori tetapi juga bagaimana prakteknya,” aku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini.

Diketahui Ismu, bahwa adanya materi dalam Kurikulum 2006 dan 2013, menjadi pendorong para guru, termasuk Ismu untuk memperdalam dan memahami materi tentang Pemilu. (Yud)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional