Connect with us

Surabaya

Reksaningsih, si Caleg Cibuk, Peduli Lingkungan

Diterbitkan

||

Memontum SurabayaReksaningsih nama lengkapnya. Biasa dipanggil Bu Reksa. Dia merupakan salah satu calon anggota (Caleg) DPRD Surabaya dari PDI Perjuangan, daerah pemilihan (Dapil) III, nomor urut 6. Memiliki latar belakang profesi dibidang kesehatan membuat Reksa juga menjadikan kesehatan sebagai salah satu isu kampanyenya. Reksa saat masuk dan keluar kampung di dapilnya, terus menumbuhkan sekaligus meningkatkan kesadaran warga untuk lebih peka dan peduli lingkungan.

Terlebih bersamaan musim penghujan seperti sekarang ini. Dimana, demam berdarah dengue (DBD) menjadi ancaman. Banyak warga, terutama anak-anak yang terserang DBD. Kelurahan Medokan Ayu di Kecamatan Rungkut yang masuk wilayah dapil III adalah pemukiman dengan cukup banyak catatan kasus DBD.

“Ketika masuk dan keluar kampung, saya bawa beberapa cibuk (gayung, red) dan bubuk abate sachet. Saya bagikan ke warga. Kegunaan cibuk untuk membantu menguras bak kamar mandi, gentong. Setelah bak kamar mandi dikuras, bisa ditaburkan bubuk abate,” tutur Reksaningsih ditemui disela sambang kampung, Senin (21/1/2019).

Karena cibuk yang dibawa dan dibagikannya secara gratisan, membuat banyak orang mengalamatkan sebutan ‘Caleg Cibuk’ pada Reksaningsih. Ibu rumah tangga, kader lingkungan, ibu pemantau jentik (Bumantik) dan ibu-ibu PKK menjadi bagian mesinnya untuk menggugah kesadaran warga. “Ibu-ibu PKK, Bumantik, kader lingkungan ikut membantu,” tuturnya. Upaya Reksaningsih ini bisa menguatkan program 3 M (Menutup, Menguras, Mengubur) yang lebih dulu dicanangkan pemerintah sejak lama. (ano/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler