Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Jaring Bibit Atlet Futsal, SMK PGRI 3 Gelar Skariga Cup IV

  • Rabu, 23 Januari 2019 | 15:44
  • / 16 Jumadil Uula 1440
Jaring Bibit Atlet Futsal, SMK PGRI 3 Gelar Skariga Cup IV

Memontum Kota Malang—-Sebagian atlet pelajar SMP seringkali kesulitan menemukan jenjang sekolah lebih tinggi, yang dapat mengakomodasi talenta linier di bidang olahraga. Mewadahi talenta non akademik tersebut, SMK PGRI 3 Malang (Skariga) beberapa kali menggelar kompetisi olahraga sebagai ajang penjaringan bibit atlet berprestasi, khususnya siswa SMP/MTs.

Jika sebelumnya digelar Invitasi Tapak Suci Skariga 2018 pada pertengahan November 2018, kali ini SMK PGRI 3 Malang menggelar Skariga Cup IV, di Champion Futsal Tlogomas, selama 2 hari, Rabu-Kamis (23-24/1/2019). Kompetisi tahunan kali keempat ini diikuti 28 tim dari SMP/MTs se-Malang Raya.

 Aksi permainan siswa SMP kedua tim menarik untuk ditonton. (rhd)

Aksi permainan siswa SMP kedua tim menarik untuk ditonton. (rhd)

Kepala SMK PGRI 3 M. Lukman Hakim, ST. menyampaikan, animo peserta cukup tinggi pada kompetisi futsal Skariga Cup IV tahun ini. Di babak seleksi sebelumnya diikuti oleh 83 tim dari SMP/MTs se-Malang Raya, baik kota Batu, kota Malang, maupun kabupaten Malang. Mengingat sistem kompetisi, untuk memudahkan pertandingan, akhirnya hanya 28 tim yang lolos seleksi.

“Kegiatan rutin tahunan ini untuk mewadahi talenta olahraga atau non akademik pada cabor futsal. Kali ini hanya 28 tim dari SMP/MTs Se-Malang Raya yang lolos seleksi untuk mengikuti kompetisi Skariga Cup IV. Seperti ajang sebelumnya, ajang ini sebagai upaya menjaring bibit futsal usia dini terbaik se-Malang Raya. Sebab di SMK PGRI 3 juga ada ekstrakurikuler futsal. Sehingga bakat dan minat non akademik para siswa ini dapat terus diasah di SMK PGRI 3,” jelas Lukman, sapaan akrabnya.

 Tim peserta Skariga Cup IV. (rhd)

Tim peserta Skariga Cup IV. (rhd)

Lukman menambahkan, tim peserta yang menang akan dibina secara khusus oleh SMK PGRI 3 Malang. Total hadiah Skariga Cup IV yang disediakan sekitar Rp 35 juta. Selain itu, ditambahkan uang pembinaan dan beasiswa yang akan diberikan kepada para pemenang. “Kita harapkan dengan pembinaan ini mampu meningkatkan prestasi atlet, sehingga bisa membawa nama baik SMK maupun kota Malang. Yang terbaik akan kita bina untuk menjadi atlet futsal, khususnya kelas 9. Sekaligus untuk menjaring calon siswa baru untuk SMK PGRI 3 Malang,” tandas Lukman.

Dalam kesempatan itu, Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, didapuk menendang bola (Kick Off) sebagai penanda pembukaan Skariga Cup IV. Diikuti Camat Lowokwaru Imam Badar, perwakilan Polsek dan Kodim. Wawali sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan SMK PGRI 3 sebagai peran serta pembinaan atlet futsal usia dini di Kota Malang.

“Ini merupakan langkah positif dan kreatif oleh SMK PGRI 3. Futsal ini kan olahraga sejenis sepak bola yang menjadi cabor yang paling disukai masyarakat Indonesia, yang memiliki nilai sebagai pemersatu bangsa. Sekaligus futsal ini menjadi ajang pembinaan usia dini. Saran saya, mari kita sinergikan dengan KONI, agar bibit-bibit ini dapat termonitor. Sehingga nantinya turut bersumbangsih kepada kota Malang. Latihan harus jalan, ajang seleksi ya lewat kompetisi atau turnamen semacam ini,” jelas Edi, sapaan akrab Wawali. (adn/gie)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional