Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Adipura, Instrumen Pemerintah Mendorong Berbagai Isu Lingkungan Hidup

  • Sabtu, 26 Januari 2019 | 17:56
  • / 19 Jumadil Uula 1440
Adipura, Instrumen Pemerintah Mendorong Berbagai Isu Lingkungan Hidup

Memontum Probolinggo—-Adipura merupakan sebuah penghargaan dari Pemerintah Indonesia (Kementerian Negara Lingkungan Hidup), yang diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan secara berkelanjutan. Program Adipura dimulai sejak tahun 1986, sempat terhenti pada tahun 1998, dan dicanangkan kembali pada tahun 2002.

Usai melakukan kirap Adipura waktu lalu,Walikota Probolinggo terpilih,Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan,program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup seperti Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau,Pemanfaatan Ekonomi dari Pengelolaan Sampah dan Ruang Terbuka Hijau,Pengendalian Pencemaran Air,Pengendalian Pencemaran Udara,Pengendalian Dampak Perubahan Iklim,Pengelolaan Kasus Pertambangan,Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan serta Penerapan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Ada dua aspek utama yang menjadi dasar penilaian Adipura yang meliputi Kondisi fisik, antara lain kebersihan dan keteduhan lingkungan perkotaan,Kondisi non fisik, yaitu mengenai institusi, manajemen, dan daya tanggap dalam mengelola lingkungan perkotaan.
Penghargaan Adipura terbagi menjadi 4 kategori, yaitu Kota Metropolitan (jumlah penduduk lebih dari 1 juta jiwa),Kota Besar (jumlah penduduk antara 500.001 – 1.000.000 jiwa),Kota Sedang (jumlah penduduk antara 100.001 – 500.000 jiwa),Kota Kecil (jumlah penduduk sampai dengan 100.000 jiwa),”terangnya. Sabtu (26/1/2019)

Selain penghargaan Adipura, terdapat pula penghargaan Adipura Kencana. Penghargaan Adipura Kencana merupakan penghargaan yang secara khusus diberikan kepada kabupaten atau kota yang dinilai telah memenuhi syarat dalam mengelola kebersihan dan lingkungan secara berkelanjutan serta sebelumnya telah menerima penghargaan Adipura minimal tiga kali secara berturut-turut.

Sebagai informasi, Kota Probolinggo sendiri sudah 12 kali mendapatkan penghargaan Adipura. Bahkan beberapa tahun lalu, insya.allah Kota Probolinggo pernah sukses mendapatkan Piala Adipura Kencana.(geo/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional