Connect with us

Jember

Candi Deres Destinasi Wisata Puswoasri

Diterbitkan

||

Kepala Desa Purwoasri saat menengok Candi Deres. (Cw1)

Memontum JemberCandi deres merupakan satu dari sekian situs sejarah peninggalan kerajaan Majapahit yang berada di Dusun Krajan, Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember.

Keberadaan candi ini diperkirakan sejak 1370 Masehi ketika raja hayam wuruk berkuasa.

Maka dari itu untuk melestarikan situs sejarah ini, pemerintah desa (Pemdes) Purwoasri berkeinginan menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata.

Lestarikan peninggalan itu, Pemdes Purwoasri bersama warga yang tergabung dalam Komunitas Gerakan Pemuda Peduli Candi Deres bekerjasama dengan dinas pariwisata, melakukan pembangunan.

Menurut Sahuri, Kepala Desa Purwoasri, bahwasanya dinas pariwisata telah memberikan perannya yaitu dengan digelontorkannya dana untuk pelestarian situs sejarah itu secara bertahap.

“Nanti kalau sudah jadi objek wisata ,akan berdampak pada peningkatan ekonomi warga, karena mereka bisa berjualan di sekitar sini, ” kata Sahuri.

Akan tetapi lanjut Sahuri akses jalan menuju candi deres saat ini masih  kurang layak, mengingat begitu panjangnya sekitar 5 km.

“Dana desa masih belum memungkinkan untuk menjangkaunya terlalu jauh,” jelasnya.

Sahuri berharap agar akses jalan menuju candi deres bisa dianggarkan oleh pemerintah Kabupaten atau pemerintah provinsi.

“Jalan ini amat penting, disamping untuk akses menuju candi, jalan ini juga berfungsi sebagai jalur ekonomi pertanian, ” tambahnya. (Cw1/yud/oso)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement Terkunci Pandemi Corona
Advertisement SBMPN POLINEMA MALANG

Terpopuler