Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Asa Kepedulian, Siswa SD Al Muslim Bersafari Sosial ke YKAKI

  • Kamis, 14 Februari 2019 | 23:26
  • / 8 Jumadil Akhir 1440
Asa Kepedulian, Siswa SD Al Muslim Bersafari Sosial ke YKAKI
SAFARI - Sejumlah siswa SD Al Muslim menggelar safari sosial di Yayasan Kasih Anak Kanker Indoesia (YKAKI) untuk berbagi, Rabu (13/02/2019).

Memontum Sidoarjo—- Sejumlah siswa dan guru SD Al Muslim yang ada di JL Raya Wadungasri, Kecamatan Waru, Sidoarjo menggelar safari sosial ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indoesia (YKAKI). Kegiatan ini, selain untuk mengasa kepedulian para siswa juga untuk lebih menghargai kelebihan dan kekurangan diri serta menghargai orang lain.

Selain itu, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia. Sedangkan tema kegiatan safari sosial ini yakni We Share, Care and Trust.

“Tujuan kegiatan ini membiasakan peserta didik agar selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, peduli dengan sesama yang sedang diberikan ujian (musibah), mau berbagi nikmat dan lebih menghargai kelebihan dan kekurangan diri serta menghargai orang lain,” terang Kepala Gugus Leadership SD Al Muslim, Wiji Agustin kepada Memontum.com, Rabu (13/2/2019).

Lebih jauh, Wiji memaparkan kegiatan safari sosial ini digelar setiap 2 bulan sekali. Dana kegiatan ini bersumber dari uang infaq siswa yang dikumpulkan setiap Jumat.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari uang infaq Jumat siswa,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Wiji para siswa kelas IV Ibnu Khaldun SD Al Muslim juga ikut andil dalam pembungkusan bingkisan, bekerjasama membawa beragam kebutuhan yang diperlukan, dan membuat konsep hiburan yang akan ditampilkan. Sehingga para siswa terlibat secara langsung dan menjadikan pengalaman bermakna dalam safari sosial ini.

“Karena para siswa kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini, makanya Ketua YKAKI menyambut gembira bersama anak-anak penderita kanker dan keluarga anak-anak penderita kanker,” tegasnya.

Sementara salah satu siswa kelas IV (Ibnu Khaldun), Ibrahim Maulana Mahardika menegaskan dalam kegiatan sosial ini, dirinya bersama teman-temannya menampilkan drama adab menjenguk teman yang sakit, sulap, dan menyanyi bersama. Disamping itu, tim dokter kecil SD Al Muslim juga turut berpartisipasi mendemonstrasikan gerakan cuci tangan sesuai standar WHO yang dikemas dalam lagu tradisional, mempraktikkan cara menggosok gigi yang benar dan melakukan interaksi bersama anak-anak penderita kanker melalui Q and A mengenai makanan sehat bergizi seimbang serta menyanyikan lagu Ayo Gosok Gigi.

“Lewat kegiatan ini, tim dokter kecil SD Al Muslim juga menyampaikan informasi mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati melalui hal kecil. Yaitu mencuci tangan, menggosok gigi dengan benar dan mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang,” tandas siswa yang akrab dipanggil Ibam ini.

Sementara puncak acara safari sosial ditutup dengan doa bersama dipimpin ustad Agus Salim selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Guru PAI SD Al Muslim. Setelah itu, dilanjutkan penyerahan bingkisan dan santunan secara simbolis dari SD Al Muslim kepada pihak YKAKI berupa beras, buah dan sayur organik, tepung ketan, telur organik, meditea, bumbu dapur, sikat gigi dan pasta gigi serta kebutuhan lain yang dibutuhkan penderita kanker bersama keluarganya. Wan/yan

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional