Connect with us

Lamongan

KPU Lamongan Mulai Pelipatan Surat Suara

Diterbitkan

||

Proses pelipatan surat suara di gudang KPU yang berada di jalan Pahlawan.

Memontum Lamongan—-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan mulai melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2019. Pelipatan surat suara yang sudah dimulai yakni untuk surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Timur. “Yang telah kita terima 1.077.636, yang terdiri dari 2.156 boks, dalam satu boks berisi 500 surat suara,” kata Komisioner KPU Lamongan Divisi SDM dan Parmas, MH Fatkhur Rohman¬† saat berada di lokasi pelipatan surat suara, Jalan Pahlawan Lamongan, Rabu (20/2/2019).

Fatkhur mengungkapkan untuk mempercepat proses pelipatan surat suara tersebut, KPU Lamongan melibatkan sebanyak kurang lebih 240 orang. “Satu surat suara 100 rupiah, didominasi orang lama yang sudah pengalaman,” terangnya.

Fatkhur pun mengatakan untuk proses pelipatan surat suara ini ditargetkan akan selesai dalam 20 hari, dengan estimasi setiap orang dapat menyelesaikan 2 boks. “Tapi kalau melihat dari pelipatan ini prosesnya ternyata cuku cepat, kemungkinan tidak sampai 20 hari sudah selesai,” kata Fatkhur.


Dalam proses pelipatan tersebut, tambah Fatkhur, juga sekaligus dilakukan penyortiran surat suara yang mengalami kerusakan. “Yang rusak itu ada yang sobek, ada yang bolong, kemudian ada juga cover depannya itu mungkin tertempel dengan kertas yang lainnya, sehingga kemudian juga sobek,” ujarnya.

Dan, sambungnya untuk surat suara yang rusak, KPU Lamongan akan berkoordinasi dengan KPU provinsi untuk mengganti surat suara yang rusak tersebut.

“Kemudian untuk surat suara Capres Cawapres, DPD dan DPRD Kabupaten, rencananya dikirim dari KPU RI dalam 3 atau 4 hari ke depan,” ujarnya. Selama proses pelipatan surat suara ini, KPU Lamongan juga melibatkan anggota kepolisian dari Polres Lamongan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (ifa/zen/yan)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler