Connect with us

Kota Batu

Kota Batu Stop Bosda SMA/MA/SMK/SLB

Diterbitkan

||

Eny Rahyuningsih (kiri) Kadindik Kota Batu

Batu, Memo X–Sejak Januari 2019 Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) sudah ditiadakan, Pemkot Batu pun mencari solusi untuk membantu murid SMA/SMK/MA/SLBN di kotanya sendiri. Program bernama bantuan siswa yang sudah dimasukkan ke APBD 2019 menjadi solusinya.

Perlu diketahui bantuan Bosda diberikan untuk siswa sebesar Rp 120 ribu per siswa SMA dan untuk siswa SMK menerima Rp 200 ribu per siswa. Sesuai peraturan Provinsi Jatim, pemda tidak bisa memberikan bantuan kepada lembaga sekolah di wilayahnya.

“Itu menjadi solusinya, karena regulasi memang tidak memperbolehkan. Kami tidak ingin menyalahi aturan,” ungkap Kadis Pendidikan Kota Batu, Eny Rachyuningsih, Rabu (20/2/2019).

Komitmen Pemkot Batu yaitu membantu proses belajar mengajar dan membantu wali murid serta peserta didik, bantuan tersebut akan diterima oleh murid melalui rekening pribadi mereka.

” Total ada 27 SMA/SMK/MA dan SLBN yang akan menerima bantuan langsung. Pemkot sudah menganggarkan Rp 20 Miliar untuk mewujudkannya,” papar Eny.

Terpisah Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso solusi ini harus ada sesuai perintah wali kota dan melanjutkan program sejak era kepemimpinan Eddy Rumpoko. Dengan program ini pemerintah ingin membantu proses belajar mengajar dan target pendidikan 12 tahun di Batu.

” Regulasinya memang seperti itu sejak SMA sederajat diambil alih oleh provinsi. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyarankan bisa saja anggaran itu tetap diberikan, namun langsung ke murid melalui rekening dan dimasukkan ke APBD. Jadi tidak boleh melalui lembaga sekolah,” jelas Punjul.

Hal itulah yang menjadi acuan pemkot agar tetap bisa menjalankan program tanpa bersinggungan dengan aturan yang ada.

” Masa kami ingin membiayai siswa tidak boleh, saya rasa bantuan siswa menjadi jalan keluarnya,” pungkasnya. (lih/jun)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *