Connect with us

Lamongan

Dua Caleg Nasdem Dilaporkan ke Bawaslu Lamongan

Diterbitkan

||

Samsul, saat melaporkan kasus dugaan pelanggaran tersebut, di Kantor Bawaslu Lamongan, Kamis (28/2/2019).

Memontum LamonganDiduga melakukan pelanggaran Pemilu,  dua orang Calon Legislatif (Caleg) dari Partai NasDem dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lamongan. Mereka adalah EW, Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur dan M,  Caleg DPRD Kabupaten Lamongan berinisal M.

Menurut Samsul Arif, selaku pelapor, kedua caleg tersebut telah melakukan kampanye di salah satu Masjid di Dusun Mojosaei, Desa Kuripan, Kecamatan Babat, pada hari Minggu, (24/2/2019) lalu.

“Intinya untuk mengajak mencoblos sama beliau,” kata Samsul, saat melaporkan kasus dugaan pelanggaran tersebut, di Kantor Bawaslu Lamongan, Kamis (28/2/2019).

Menanggapi laporan tersebut, Amin Wahyudin, Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Lamongan mengatakan, pihaknya akan segera melakukan kajian awal, paling lambat dua hari setelah laporan diterima.

“Kajian awal itu nanti yang menentukan apakah syarat formil dan materiilnya terpenuhi, kemudian menentukan jenis pelanggaran yang dimaksud,” kata Amin.

Dikatakan Amin, berdasarkan laporan yang diterima,  pasal yang dikenakan pasal 280 ayat 1 huruf H, tentang larangan kampanye di tempat ibadah dan UU Pemilu pasal 521.

“Kalau terbukti, maka sanksi yang dikenakan adalah penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak 24 juta,” ucap Amin yang menyebut, Bawaslu Lamongan juga telah mengantongi sejumlah nama saksi dan barang bukti dugaan pelanggaran pemilu tersebut. (ifa/zen/yan)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *