Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Emil Minta Penyempurnaan CCTV di Area DAS

  • Senin, 4 Maret 2019 | 12:24
  • / 26 Jumadil Akhir 1440
Emil Minta Penyempurnaan CCTV di Area DAS

Memontum Surabaya—–Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak menginginkan penyempurnaan teknologi CCTV di area Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Karena ia menilai, teknologi tersebut bisa digunakan untuk mengukur kuantitas DAS agar debit airnya tidak berkurang serta kualitas Sungai Brantas tidak tercemar.

“CCTV di beberapa tempat sudah dipasang. Cuma kita perlu penyempurnaan. Tolonglah kita ini walaupun mempunyai relawan, masyarakat itu mau berbuat. Tetapi kalau bisa teknologi tetap dipakai,” ujar Emil, saat menghadiri Joint Declaration Signing Inception Phase di Hotel Singgasana Surabaya, Jumat (1/3/2019) sore.

Lebih lanjut Emil sapaan lekatnya, menjelaskan, dengan menggunakan teknologi, command center DAS Brantas seperti Perum Jasa Tirta I, Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim bisa langsung memantau perubahan-perubahan kondisi DAS Brantas.

“Sehingga, penanganan tersebut  bisa digunakan untuk mengatasi perubahan,” jelasnya.

Ia berharap, Delft University of Technology (TUDelft) bisa memberikan bantuan teknologi untuk memantau DAS Brantas. Selain itu, manfaat DAS Brantas bisa mempertahankan Jatim sebagai lumbung pangan nasional. Sebab, DAS Brantas mengaliri 300 ribu hektar sawah dengan panjang sekitar 320 km.

“TUDelft ini kan pakarnya dari Belanda. Kita berharap mereka bisa ngasih ke PJT, ke Dinas Lingkungan Hidup itu teknologi untuk memantau. Sehingga kalau ada titik-titik yang menyimpang bisa terpantau,” ujarnya.

Mantan Bupati Trenggalek ini juga menyampaikan langkah-langkah penanganan DAS Brantas. Salah satu dengan  menjaga DAS Brantas melalui  Adopsi Sungai Brantas. “Ini yang menjadi salah satu program dari 99 Hari Kerja Gubernur dan Wagub Jatim. Penerapannya dengan mengajak Relawan Jogo Kali untuk ikut menjaga sungai termasuk DAS Brantas,” terangnya.

“Kita mengusung Jatim Harmoni yaitu lingkungan hidup harus dijaga kelestariannya. Bukan hanya karena masalah keberpihakan, tetapi ini masalah kebutuhan,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwakilan Delft University of Technology (TUDelft) Maurits W. Ertsen mengatakan, deklarasi ini diadakan dengan melibatkan 6 partner untuk meningkatkan kualitas sungai brantas.

“Kerjasama terbangun atas kepercayaan dan involving community. Memperkuat kualitas air di Wilayah DAS Brantas,” pungkasnya. (sur/ano/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional