Connect with us

Kota Malang

Adopkop Dorong Koperasi Berbenah Ikuti Revolusi Industri 4.0

Diterbitkan

||

Adopkop Dorong Koperasi Berbenah Ikuti Revolusi Industri 4.0

Memontum Kota Malang – Menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, para pelaku koperasi diharapkan mampu merubah mindset para pelaku koperasi yang masih berpikiran kolot. Pasalnya, mau tidak mau koperasi juga harus berbenah dalam menngikuti perkembangan teknologi yang tak dapat dihindari lagi.

“Menghadapi kemajuan teknologi, mau tidak mau kita harus mengikutinya, bukan lagi menghindari. Untuk itu, koperasi juga harus berbenah dengan memanfaatkan teknologi itu,” ungkap Dr. Rully Indrawan M.Si, Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI, kepada awak media.

Kongres Adopkop merespon usulan Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI. (rhd)

Kongres Adopkop merespon usulan Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI. (rhd)

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, lanjut Rully, koperasi dapat menjalankan fungsinya semakin optimal. Salah satunya melalui peran Adopkop Asosiasi Dosen Peneliti Koperasi (Adopkop) Indonesia.

“Oleh karena itu, kami mengharapkan para akademisi dan peneliti yang tergabung dalam Adopkop Indonesia ini bisa berperan agar koperasi bisa memanfaatkan teknologi yang berkembang,” ungkap Guru Besar Universitas Pasundan Bandung ini.

Sementara itu, Sekjen Adopkop Indonesia, Wiyono, mengapresiasi harapan Rully Indrawan agar Adopkop berperan aktif. Sebab beberapa anggota Adopkop juga pelaku koperasi yang nantinya diharapkan dapat memberikan edukasi dan perubahan pada model koperasi yang telah dijalankannya saat ini.

“Selama ini, kami sudah melakukan edukasi ataupun interaksi langsung dengan para pelaku koperasi yang tergabung dalam Adopkop Indonesia. Kami juga mendukung beberapa koperasi yang mulai mau berkembang untuk penyesuaian diri pada era revolusi industri 4.0,” tegas dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Sebelumnya, telah diadakan Lokakarya dan Kongres Asosiasi Dosen dan Peneliti Koperasi (Adopkop) Indonesia di UMM. Sebagai rangkaian acara, dilanjutkan pelaksanaan Kongres Adopkop Indonesia ke-3, dimana hasil kongres tersebut, terpilih M. Fathorrozi, dari Universitas Negeri Jember (Unej), sebagai Ketua Adopkop Indonesia yang baru. (adn/yan)