Connect with us

Kota Malang

Angkat Budaya Daerah, Matos Gelar Eksotika Budaya Jawa Timur

Diterbitkan

||

Angkat Budaya Daerah, Matos Gelar Eksotika Budaya Jawa Timur

Memontum Kota Malang – Menyemarakkan HUT Lippo Malls Indonesia di bulan Maret, dan menyambut HUT ke-105 Kota Malang, Malang Town Square (Matos) menggelar Eksotika Budaya Jawa Timur’ selama bulan Maret 2019 di hall lantai 1 Matos. Berbagai macam hiburan daerah eksotika budaya Jawa Timur hadir di Matos, seperti pameran kuliner tradisional, pameran kerajinan & seni budaya, dan pameran keragaman alat musik daerah.

“Selain pameran, beragam kompetisi menarik dengan balutan budaya daerah akan menambah kemeriahan acara. Seperti Lomba Fashion Busana Batik, Lomba Tari Kreasi Tradisional, Lomba Mewarnai Topeng, dan Lomba Karya Vlog bertema budaya khas daerah,” ungkap Sasmitha Rahayu, Marketing Communication Manager Matos, kepada awak media.

Rencananya, Gelaran Eksotika Budaya Jawa Timur diresmikan Walikota Malang, Sutiaji, Jumat (15/3/2019) pukul 18.30 WIB. Ditandai dengan dibukanya Bazar Matos Culture dan Food Festival, yang bakal digelar selama tiga hari setiap hari Minggu di Hall Matos lantai 1. Matos bekerjasama dengan UMKM, Dinas Koperasi Kota Malang, Dinas Kebudayaan Kota Malang, Yayasan Inggil, dan Museum Musik Indonesia untuk menggelar Bazar Kerajinan UMKM dan Festival Kuliner tradisi Jawa Timur.

Selain itu, Malang Town Square mengajak generasi milenial di Kota Malang untuk berpartisipasi dalam beragam kompetisi menarik dengan unsur tradisional dan budaya. Meliputi Iomba Fashion Busana Batik, yang digelar Minggu (17/3/2019) pukul 10.00 WIB, dengan tiga kategori yaitu A (6-8 tahun), B (9-13 tahun), C (14-25 tahun). Selain itu, Lomba Tari Kreasi Tradisional, Minggu (23/3/2019) pukul 14.00 WIB, Lomba Mewarnai Topeng, Minggu (24/3/2019) puku| 10.00 WIB, dan Lomba Karya Vlog bertema budaya khas daerah.

“Matos juga menyelenggarakan Workshop Rajut pada Minggu (16/3/2019). Dan pemenang dari beberapa Iomba ini akan diumumkan melalui instagram Matos pada Sabtu (30/3/2019),” terang Sasmita.

Sasmita menambahkan, tema Eksotika Budaya Jawa Timur bertujuan melestarikan budaya daerah Jawa Timur yang hampir punah, mulai musik tradisional, kuliner tradisional, kesenian panggung, dan batik yang hampir tenggelam.

“Budaya daerah tersebut akan dimunculkan kembali, agar generasi muda dapat menggaungkan budayanya hingga keturunannya nanti. Contohnya, Lomba Mewarnai Topeng dimana karakter topeng Malangan adalah budaya khas Malang. lni mencerminkan ajakan agar kaum muda tahu dan tidak melupakan budaya daerahnya,” tandasnya. (adn/gie)

 

Advertisement

Terpopuler