Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Pemuda Junwangi Ajak Anak- Anak Obsesi Keliling Dunia

  • Selasa, 26 Maret 2019 | 07:03
  • / 19 Rajab 1440
Pemuda Junwangi Ajak Anak- Anak Obsesi Keliling Dunia
Kepala Desa Junwangi, Syatra Ikhsandra menanda tangani kerjasama dengan Dinas Perpustakaan Kabupaten Sidoarjo, disaksikan oleh anggota Komisi D DPRD Sidoarjo , Bangun Winarso. (par)

Memontum.Sidoarjo—-Diresmikannya perpustakaan Qora’a,    Desa Junwangi  Kecamatan Krian menjadi bukti kepedulian  8 pemuda akan pentingnya ilmu bagi warga setempat.Hal itu disampaikan  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo, Endang Soesijanti  ketika  meresmikan taman bacaan di Dusun Kwangan, Desa Junwangi. Menurut Endang, inisiatif pemuda Junwangi ini patut ditiru. Dia meluangkan waktu mengurus perpustakaan demi masa depan anak-anak. Dia menyadai   disamping tempat mencara ilmu, perpustakaan  juga sebagai penangkal pengaruh buruk merebaknya gadget di masyarakat.

“Kita harus memberi keseimbagan efek buruk pengaruh gadget dengan mendorong gemar membaca pada anak, terutama cerita cerita rakyat yang memberikan pesan budi pekerti luhur, sehingga jati diri bangsa tetap terjaga,” katanya. Sementara untuk menunjang kebutuhan buku perpustakaan pihaknya siap membantu dengan buku yang ada di Dinas. Lebih melegakan ,  karena  Kementrian Desa memberi lampu hijau penggunaan Dana Desa untuk perpustakaan.

“Kementrian Desa telah mengijinkan penggunaan Dana Desa sebesar 5% untuk dialokasikan pada pengembangan  perpustakaan desa, kesempatan ini agar dimanfaatkan Pemerintah Desa  untuk kecerdasan warga,” imbaunya.

Hal itu ditegaskan  anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, Bangun Winarso. Anggota komisi D dari Fraksi PAN  itu akan mendorong terwujudnya perpustakaan desa melalui APBD. ” Baru 45% desa se Sidoarjo yang mempunyai perpustakaan. Sesuai amanat undang undang No 43 Tahun 2007 , bahwa pemerintah daerah berkewajiban menunjang sarana dan prasarana perpustakaan desa, disamping desa sendiri dari APBDesnya, maka kami akan memperjuangkan melalui APBD, tentunya di anggaran tahun 2020,” katanya.

Sementara Kepala Desa Junwangi, Syatra Ikhsandra memberikan apresiasi kepada pemuda Dusun Kwangan yang peduli pendidikan anak dari keluarga kurang mampu dengan wujud perpustakaan dan tempat mengaji di sore hari itu. ” Saya sampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada pemuda Dusun Kwangan atas karya brilian ini. Dengan membaca di perpustakaan ini kita bisa memperoleh ilmu dan informasi dari segala penjuru dunia. Dengan kata lain bila kita rajin membaca kita bisa keliling dunia.,” paparnya. (par/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional