Connect with us

Kabupaten Malang

Digelontor Dana Rp 50juta, BUMDes Mitra Abadi Rembun Dampit Lembarkan Sayap

Diterbitkan

||

H.Suliadi Kepala Desa Rembun. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)
Memontum Malang —Setelah digelontor dana Rp 50 juta dari Provinsi JawaTimur, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Abadi Desa Rembun Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, kini mulai “melebarkan sayap”.
Namun, belum ada kejelasan, kapan tepatnya bantuan tersebut diserahkan? Yang jelas, dana bantuan sebesar itu nantinya dapat dipergunakan untuk tambahan modal usaha. Bantuan serupa juga bakal diserahkan kepada 10 BUMDes di wilayah Kabupaten Malang.
Istilah Wati Sekretaris BUMDes Mitra Abadi. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Istilah Wati Sekretaris BUMDes Mitra Abadi. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

  Istilah Wati, Sekretaris BUMDes Mitra Abadi Rembun menjelaskan, sebagian dana tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membeli mesin paking plastik untuk kemasan kopi. Hal itu dilakukan, setelah pihaknya bekerjasama dengan kopi Dampit dalam hal pengelolaan manajemen sekaligus pemasaran.
Ditambahkan, selain kopi bubuk, BUMDes yang berdiri tahun 2018 lalu ini juga akan kelola jamu bubuk, jamu gendong dan mengembangkan  berbagai usaha yang sudah ia kelola.
Gedung BUMDes Mitra Abadi Rembun. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

Gedung BUMDes Mitra Abadi Rembun. (H.Mansyur Usman/Memontum.Com)

“Ke depan, kami juga akan cari terobosan ke pabrik Semen Gresik untuk duduk sebagai distributor. Selain nantinya dapat dijual kepada pemerintahan Desa Rembun, juga untuk persediaan  warga sekitar. Tetapi kami  fokuskan kepada pemerintahan desa.Untuk warga,kami rasa lebih banyak membelinya di toko-toko terdekat, ” terang Istilah Wati Selasa (26/3/2019) siang.
  Selain itu, guna lebih memaksimalkan modal usahanya, BUMDes Mitra Abadi juga akan mengajukan profosal permohonan dana sebesar Rp 150 juta kepada Kepala Desa. Rincinya, permohonan dana sebesar tersebut, Rp75 juta untuk membangun gedung unit usaha diatas lahan milik kas desa Dusun Sentong.Selanjutnya sisanya untuk tambah modal usaha.
  Sementara, Kepala Desa Rembun H Suliadi yang duduk sebagai pengawas berharap, ke depan BUMDes ini agar lebih dikembangkan. Dikatakan, dengan modal awal sebesar Rp 50 juta, BUMDes ini sudah mengelola sejumlah usaha. Seperti halnya e-warung dan berbagai usaha jasa.
“BUMDes Mitra Abadi sudah mengelola beberapa usaha,baik berupa barang maupun jasa.Karena dengan tahapan modal,itu sebagai perkenalan saja. Ke depan, kami berharap, BUMDes ini menjadi sentral perbelanjaan warga desa seperti halnya BUMDes lain yang sudah maju dan berkembang pesat, ” beber Abah Suliadi. (sur/oso)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Terpopuler