Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Disparbud Sebut Situs Purbakala Sekaran, Ikon Baru Wisata Kabupaten Malang

  • Kamis, 4 April 2019 | 18:26
  • / 28 Rajab 1440
Disparbud Sebut Situs Purbakala Sekaran, Ikon Baru Wisata Kabupaten Malang
BERSAMA : Plt.Bupati Malang Drs.HM.Sanusi MM, bersama Dandim 0818 Malang Batu Letkol Infantry FerryMuzawwad, Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Werdhantara dan sejumlah OPD Saat Tinjau Lokasi. (H MansyurUsman/Memontum.Com)

 Memontum Malang—Dinas Pariwisata Kabupaten Malang siap Mendukung  Pengelolaan Situs Sekaran di Desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Dan itu sudah masuk persyaratan sebagai destinasi wisata.

“Kalau saya lihat, di situ lokasinya bagus, karena sudah ada budayanya dan juga sumber air. Otomatis dengan itu sudah memenuhi syarat menjadi destinasi wisata,” ujar Made Arya Wedhantara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang beberapa waktu lalu.

  Dikatakan, jika disinergikan dengan pembangunan jalan tol, kedepannya mungkin bisa dijadikan rest area berbasis budaya yang pertama.

“Ya kan gak masalah, bisa jadi rest area berbasis budaya. Kan masih belum ada. Malah bisa jadi yang pertama,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi antusias warga desa yang juga bersemangat untuk mengelola kelanjutan temuan situs tersebut.

“Kalau memang bersemangat, ya ayo. Kita koordinasikan, pastikan denvan BPCB, dengan Bina Marga Provinsi. Berapa luasnya, mana saja batasannya, akan kami bantu dengan mendatangkan akademisi, atau mungkin pihak yang bisa menyiapkan designnya. Design juga harus disiapkan dulu. Akademisinya bisa dari ITN atau kampus lain mungkin,” jelas Made.

  Sementara, Plt Bupati Malang Drs.HM.Sanusi MM,saat tinjau lokasi situs Sekaran,bersama  Dandim 0818 Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf Ferry Muzawwad dan Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara serta beberapa jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya mengatakan, pihaknya siap jika diminta untuk bertanggung jawab mengelola situs Sekaran.

Namun, keputusan tersebut masih menunggu rekomendasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur.

“Saya kan orang baru (awam soal situs), kalau itu memang situs ya kita memang harus ikut melestarikan,” terangnya.

  Lanjut  mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini, pihaknya sudah memikirkan konsep-konsep untuk situs Sekaran. Situs itu, kata Sanusi, akan menambah destinasi wisata di Kabupaten Malang.

” Akan jadi destinasi wisata purbakala yang dibawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” ungkapnya. (Sur/oso)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional