Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

UB Wisuda 20 Lulusan Profesi Insinyur FT-UB

  • Jumat, 5 April 2019 | 16:42
  • / 29 Rajab 1440
UB Wisuda 20 Lulusan Profesi Insinyur FT-UB

Memontum Kota MalangSebanyak 20 mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) diwisuda dan diambil Sumpah Insinyur di Auditorium FT-UB, Kamis (4/4/2019). Wisudawan ini merupakan angkatan pertama dari PSPPI FTUB, sekaligus pimpinan fakultas dan jurusan di lingkungan Fakultas Teknik UB. Dengan prosesi wisuda dan sumpah ini, ke-20 alumni tersebut telah resmi untuk menyandang gelar Insinyur (Ir.), setelah melalui asesmen pada 18-19 Desember 2018 lalu.

Prosesi wisuda dan Sumpah Insinyur ini dihadiri oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS, dan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Sc (Eng), IPU. Dalam kesempatan itu, keduanya menandatangani MoU tanda kerjasama UB utamanya Fakultas Teknik dengan PII.

Program PSPPI adalah Program Studi yang dimandatkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 oleh Kemenristekdikti kepada 40 Perguruan Tinggi di Indonesia dalam rangka percepatan Insinyur di Indonesia, yang memiliki etika profesi serta kualifikasi sesuai standar sertifikasi dalam waktu yang mendesak. Sistem perkuliahan terbagi 2 program, yaitu Program Pendidikan Reguler dan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Para wisudawan PSPPI FT-UB. (rhd)

Para wisudawan PSPPI FT-UB. (rhd)

“Jumlah insinyur di Indonesia ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Oleh karena itu, PII sangat mendukung program ini demi menciptakan insinyur yang berdaya saing dan memberi nilai tambah yang tinggi bagi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa,” ungkap Dr. Heru, sapaan akrabnya.

Sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran, Insinyur adalah gelar yang diberikan oleh Perguruan Tinggi bagi lulusan setelah mengikuti pendidikan profesi Pasca S1. Gelar Insinyur ini menjadi penting bagi para praktisi keinsinyuran, karena pasal 10 menyebutkan “Setiap Insinyur yang akan melakukan Praktik Keinsinyuran di Indonesia harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur”.

“Saya mengapresiasi program Keinsinyuran sebagai salah satu perintisan program demi kemajuan UB ke depan. Selamat kepada Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE, Ph.D., Dekan FT-UB Dr. Ir. Pitojo Tri Juwono, MT, dan Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS, yang menjadi lulusan terbaik. Profesi ini untuk menjawab tantangan era globalisasi dan disterupsi sebagai bentuk kompetensi, sekaligus menjalankan mandat Kemenristekdikti. Semoga program profesi dapat ditiru fakultas lainnya,” ungkap Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR, A.R.,M.S.

PSPPI FTUB sendiri mulai dibuka pada Semester Ganjil 2018/2019. Hingga saat ini, tercatat lebih dari 40 orang yang telah mendaftar pada PSPPI FTUB. “Kedepannya PSPPI FT-UB akan terus menjalin kerjasama dengan industri yang bergerak dalam bidang keinsinyuran dalam rangka meningkatkan profesionalisme Insinyur ini,” ungkap Ketua PSPPI FTUB, Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE, Ph.D. (adn/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional