Connect with us

Probolinggo

Tanggulangi Banjir, Kapolres Probolinggo Kota Bangun Biopori Resapan Air

Diterbitkan

||

Kapolres saat membuat kotak biopori (pix)

Memontum ProbolinggoWarga Kelurahan Jati Kecamatan Mayangan yang biasanya digenangi air jika hujan datang, mengadakan kerja bakti untuk tanggulangi banjir. Hal ini juga tak luput dari campur tangan Polres Probolinggo Kota, karena melalui Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal datang dan membangun resapan biopori tersebut bersama warga setempat, Kamis (23/11/2017).

 

Hal ini dilakukan karena lingkungan sekitar merupakan daerah yang kerap banjir dan di genangi air ketika musim hujan tiba. Sangat antusiasnya warga RT 1 RW 8, Kelurahan Jati menjadi satu dengan anggota Polresta Probolinggo, membuat lubang biopori dan sumur resapannya. Resapan tersebut dibuat di gang kampung dan halaman rumah warga.

“Memang pas musim hujan dan hujannya turun daerah ini pasti banjir. Kami bersama pak polisi membuat biopori secara bergotong royong,” terang Purwoto (63) salah satu warga yang juga membangun biopori di depan rumahnya.

 

Pembuatan resapan tersebut di bilang cepat karena bergitong royong antara warga dan kepolisian. Hanya dua jam bergotongroyong sudah 100 biopori berdiameter 12 sentimeter dan kedalaman 1 meter terbangun. Dan tidak hanya itu, dua unit sumur resapan berdiameter 1,5 meter kali 1,5 meter dengan kedalaman yang sama juga selesai.

 

“Yes, akhirnya selesai juga. Semoga kampung kita bebas dari banjir,” sahut Purwoto setelah selesai membangun di depan rumahnya.

 

Masih di tempat yang sama, Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal, menjelaskan bahwa aplikasi biopori dan sumur resapan ini sangat penting diterapkan di lingkungan warga. Karena berfungsi cepatnya peresapan air hujan ke dalam tanah, keberadaan biopori juga akan menjaga persediaan air tanah.

 

“Kami melakukan ini dengan warga untuk dapat menggugah kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya.” ucapnya.

 

“Saling peduli dan mau berbuat untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya. Sehingga, banjir jika musim hujan sekarang ini tidak mengakibatkan banjir lagi.”Tambah Kapolres Probolinggo Kota tersebut.

 

Perlu di ketahui, fungsi resapan  biopori ini sangat banyak. Tidak  hanya difungsikan sebagai pencegahan banjir, tetapi resapan biopori yang dibuat tersebut juga bermanfaat sebagai upaya meningkatkan kualitas tanah sekitarnya, dan bisa untuk mengolah sampah organik menjadi kompos, asupan gizi biota tanah serta menyuburkan tanaman sehingga bisa bermanfaat bagi warga sekitar dan bagi masyarakat luas. (pix/yan)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *