Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Kisah Keluarga Sumarto, Warga Banaran Bumiaji Kota Batu, Dua Tahun Tidur di Bekas Kandang Kambing

  • Minggu, 7 April 2019 | 22:57
  • / 1 Sya'ban 1440
Kisah Keluarga Sumarto, Warga Banaran Bumiaji Kota Batu, Dua Tahun Tidur di Bekas Kandang Kambing
Sumarto (kanan) bersama Amir, koleganya

Memontum Kota Batu – Di tengah gemerlapnya Kota Wisata Batu, ternyata masih ada warganya yang masih hidup jauh dari kelayakan. Kondisi menunjukkan ketimpangan masih terjadi di kota wisata ini. Dimana, sebuah keluarga menempati kandang kambing untuk rumah tinggal. Seperti apakah kehidupan pasangan suami istri dengan dua buah hati mereka?

Sumarto (49) warga Jalan Kopral Kasdi RT 01 RW 01 Dusun Banaran Desa/Kecamatan Bumiaji Kota Batu bersama isteri, Kastiani dengan dua buah hati mereka menempati rumah yang terbilang tidak layak huni. Betapa tidak, rumah yang ditempati merupakan bekas kandang kambing sejak 2 tahun lalu.

Kondisi itu masih belum banyak berubah dari model kandang kambing panggung yang terbuat dari bahan bambu dan kayu. Rumah itu disekat triplek bekas menjadi tiga bagian, kamar tidur, ruang tamu dan dapur. Ya, setiap malam mereka tidur di satu ruang.

Sedang dinding rumah itu ditutupi potongan bambu yang masih ada bolong sana sini. Atap terbuat dari genteng lama yang masih bocor saat hujan tiba. Kondisi seperti itu bisa dibayangkan saat mereka melawan dinginnya malam.

“Ya, bagaimana lagi? Kondisi ini ya kami syukuri saja. Kami pasrah tetapi tetap berusaha,” kata Sumarto yang menemui Memo X di emperan depan rumahnya, Minggu 7 April 2019.

Untuk memenuhi kebutuhan keluarga, bapak yang hanya sempat mengenyam pendidikan SD ini bekerja serabutan. Kalau ada orang butuh tukang cangkul kebun dijalani. Demikian juga kalau ada yang ngajak jadi kuli bangunan. “Kemarin diajak nyemprot tanaman apel oleh tetangga,” kata bapak berperawakan kurus ini.

 

1 Komentar

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional