Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Desa Pagedangan Turen Segera Punya BUMDes

  • Rabu, 10 April 2019 | 06:54
  • / 4 Sya'ban 1440
Desa Pagedangan Turen Segera Punya BUMDes
Surono Kades Pagedangan Turen 2.T

* Kelola Pariwisata dan Usaha Jasa

Memontum Malang —Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pagedangan Kecamatan Turen Kabupaten Malang segera terbentuk. Meski sementara ini belum bisa maksimalkan modal awal dari ADD maupun DD, namun ke depan BUMDes tersebut  diharapkan bisa kelola berbagai usaha secara profesional.

Selain di bidang  usaha perdagangan juga jasa, pembayaran rekening listrik, air bersih, tanpa terkecuali pariwisata, seperti halnya tubbing kinyutan yang kini  menjadi ikon Desa Pagedangan.

Tubbing Kinyutan Ikon Wisata Desa Pagedangan. (H Mansyur Usman.Com)

Tubbing Kinyutan Ikon Wisata Desa Pagedangan. (H Mansyur Usman.Com)

  Kepala Desa Pagedangan Surono menjelaskan, minimnya permodalan BUMDes saat ini karena kondisi insfratruktur di desa berpenduduk 11 ribu ini  harus menjadi skala perioritas.

Lepas dari itu, juga karena luasnya wilayah, sehingga alokasi  dana dari pemerintah harus disalurkan secara bergantian ke sejumlah titik pedukuhan.

“Meski dengan jumlah yang kurang maksimal,dana BUMDes nanti tetap kami alokasikan,” terang Kades yang jabatannya baru masuki dua periode ini beberapa waktu lalu.

 Dijelaskan, pembentukan BUMDes ini baru dalam lingkup pengurus inti. Guna melengkapi sub-sub anggota, pihaknya akan segera menggelar rapat bersama BPD, termasuk semua ketua RT dan RW.

  Akhirnya, Kades berharap, dengan berdirinya BUMDes nanti ke depan agar  ada masukan untuk PADes (Pendapatan Asli Desa), tentu saja itu untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat desa. (sur/oso)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional