Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Jelang Pemilu Maling Sapi di Lumajang Marak

  • Jumat, 12 April 2019 | 08:19
  • / 6 Sya'ban 1440
Jelang Pemilu Maling Sapi di Lumajang  Marak

Memontum LumajangJelang Pemilu 2019 Kasus Pecurian di Kabupaten Lumajang Jawa Timur marak lagi, Sapi betina milik Nurul(32) Warga Dusun Bekah Desa Sawaran Lor Kecamatan Klakah digondol Maling pada Rabu(10/4/2019). kejadian diketahui pukul 06.00 WIB pagi, Sapi sudah dikeluarkan Induk dan anaknya dari kandang, namun anak sapi ditinggal dibelakang rumah, kemudian Korban segera minta tolong warga dan melaporkan kejadian ke Polsek Klakah. Selanjutnya secara bersama-sama melakukan pengengejaran, akhirnya Sapi berhasil ditemukan di Desa Wonoasri Kec Kuripan Kabupaten Probilinggo.

Kejadian ini tentu sangat meresahkan masyarakat, betapa tidak, ditengah gencar-gencarnya upaya aparat kepolisian memerangi tindak kriminalitas, Maling Sapi masih saja nekat. Padahal tidak sedikit pelaku yang sudah ditembak. Sejak 31 Maret 2019 hingga sekarang tercatat beberapa TKP menjadi korban keganasan Maling Sapi hingga berhasil menggasak belasan ekor, beruntung beberapa di antaranya berhasil diketemukan setelah masyarakat bersama aparat berupaya melakukan pencarian.

Dikutip dari ANTARA News Jawa Timur, Berdasarkan data yang dihimpun Polres Lumajang, baik dari yang dilaporkan maupun yang tidak, Selama Oktober hingga Desember 2018 saja tercatat sebanyak 36 kasus pencurian sapi. Terobosan demi terobosan untuk menanggulangi juga terus dilakukan dengan bersinergi bersama masyarakat diantaranya dengan pembangunan garasi ternak yang dikenal dengan “gaster”, penggunaan rantai sapi, pembentukan satgas keamanan di setiap desa dengan jumlah 30-50 orang per desa yang diinisiasi oleh Kapolres AKBP Arsal Sahban. Bahkan pasca ada kejadian kapolres nyatakan, Penggerebekan dan penggeledahan kandang dari kampung ke kampung akan terus dilakukan.

“jika terjadi pencurian sapi, maka kami akan langsung melakukan penggrebekan di kampung-kampung sekitar,” ujarnya saat itu.

Peristiwa maraknya Kasus pencurian sapi jelang pemilu kali ini mengingatkan masyarakat lumajang pada kejadian menjelang Pilkada tahun lalu, Jelang pilkada tahun lalu aksi kriminalitas khususnya curwan juga marak, dalam satu kecamatan saja saat itu ada 9 ekor sapi yang digarong. Sebanyak 5 ekor terjadi di Desa Penawungan dan 4 ekor di Desa Ranuyoso Kecamatan Ranuyoso kabupaten lumajang.(adi/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional