Connect with us

Kota Malang

Bingung Lubang, Mendikbud Keliru Masukkan Kertas Suara

Diterbitkan

||

Bingung Lubang, Mendikbud Keliru Masukkan Kertas Suara

Memontum Kota Malang – Sebagai warga Kota Malang, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.Pd, turut berpartisipasi dalam Pemilu 2019 dengan memberikan hak suara di tempat domisilinya. Tepatnya, di TPS 20, di gedung SDN Jatimulyo 1 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Muhadjir Effendy mendapatkan nomor DPT 200 bersama istrinya, Suryan Widati, DPT 201, dari total 276 DPT, dan 41 DPTb.

Keduanya berangkat dari kediamannya di jalan Pisang Kipas Dalam 2 D jam 8.35 WIB, menuju TPS 20 yang berjarak sekitar 400 meter dengan berjalan kaki sembari menyapa dan bersalaman dengan warga tetangga. Setiba di TPS, Muhadjir harus bersabar menunggu antrian hingga diberikan kesempatan mencoblos pada pukul 09.20 WIB.

Muhadjir memasukkan suara DPD yang tertunda karena keliru lubang kotak suara. (rhd)

Muhadjir memasukkan suara DPD yang tertunda karena keliru lubang kotak suara. (rhd)

Usai mencoblos, Muhadjir sempat kebingungan dan keliru memasukkan salah satu surat suaranya ke kotak warna lain, yakni surat suara DPRD tingkat II ke dalam kotak suara DPD. Namun, hal itu ditolerir oleh petugas KPPS.

“DPD belum saya masukkan. Hampir keliru. Yang sudah keliru masuk itu DPRD tingkat 2 keliru masuk di DPD. Terlalu banyak lubang suara,” ungkapnya terkekeh.

Sambil bercanda, diakuinya proses pencoblosan tidak membuatnya bingung sama sekali. Lantaran informasi yang tersaji di papan sebelum masuk ke bilik suara sudah terpampang jelas.

Prosesi pencoblosan. (rhd)

Prosesi pencoblosan. (rhd)

“Informasi mengenai para calon sudah disajikan sebelum masuk ke dalam ruangan pencoblosan. Sehingga pemilih bisa mengamatinya terlebih dahulu sebelum mencoblos,” ungkap Muhadjir.

Muhadjir berharap, Pemilu 2019 berlangsung lancar, jujur, adil, dan transparan, serta tidak ada persoalan yang cukup berat, sehingga proses demokrasi bisa berjalan lancar. Pun pasca Pemilu, diharapkan kelancarannya.

“Siapapun yang mendapatkan berkah atau kemenangan harus dengan rendah hati, itu sebagai tugas, amanah, justru banyak tanggung jawab yang harus diemban secara baik. Sementara, bagi yang belum mendapatkan amanah atau kemenangan diharapkan tetap bersyukur. Siapa tahu nanti untuk kesempatan berikutnya bisa,” harapannya.

Bagi presiden yang terpilih, Muhadjir berharap, mampu membuat Indonesia semakin maju dan menjadikan negara besar. Indonesia memiliki potensi kekuatan dalam hal budaya, dibandingkan negara adidaya lainnya di bidang ekonomi, militer, dan lainnya.

Usai mencoblos, Muhadjir menunjukkan bukti tinta di jari. (rhd)

Usai mencoblos, Muhadjir menunjukkan bukti tinta di jari. (rhd)

“Direktur UNESCO menyebut Indonesia memiliki super power budaya, menjadi potensi Indonesia luar biasa. Negara lain boleh menjadi super power ekonomi atau super power militer. Akan tetapi Indonesia lah yang memiliki kekhasannya yaitu dengan super power budaya,” beber mantan Rektor UMM ini.

Terkait caleg koruptor yang masih terdaftar dalam surat suara, Mendikbud meyakini masyarakat cerdas dalam memilih. Namun, kemungkinan masyarakat juga ada yang tidak tahu.

“Dalam UU kan sudah diatur, dan dia berhak. Biarkan masyarakat yang menilai,” tandas Muhadjir. (adn/gie)

 

Advertisement

Terpopuler