Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Wabup Trenggalek – Lantamal V Surabaya Kibarkan Bendera di Dasar Laut, Peringati Hari Bumi

  • Kamis, 25 April 2019 | 17:59
  • / 19 Sya'ban 1440
Wabup Trenggalek – Lantamal V Surabaya Kibarkan Bendera di Dasar Laut, Peringati Hari Bumi
Wakil Bupati Trenggalek bersama Danlantamal V Surabaya dalam kegiatan Gerakan Satu Aksi Selamatkan Laut Indonesia di Kecamatan Watulimo

Memontum TrenggalekMemperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April kemarin, Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin bersama sejumlah komunitas dan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Surabaya menggelar aksi bersih pantai. Tak hanya aksi bersih pantai, dana kegiatan tersebut juga dilakukan pengibaran bendera merah putih didalam laut yang ada di kawasan Pantai Mutiara Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo.

Kegiatan yang dikemas dalam Gerakan Satu Aksi Selamatkan Laut Indonesia ini juga dihadiri oleh Komandan Pangkalan TNI Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Edwin. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya edukasi kepada masyarakat untuk semakin mencintai lingkungan khususnya laut.

“Indonesia merupakan penyu bang sampah terbesar kedua setelah Cina. Jadi dengan kegiatan – kegiatan semacam ini bisa sedikit mengurangi sampah yang ada di laut, ” ucap Arifin saat dikonfirmasi, Kamis (25/04/2019).

Dikatakan Arifin, sebelumnya di pantai – pantai yang ada di Trenggalek ini banyak ditemukan terumbu karang yang sangat cantik. Namun saat ini, terumbu karang tersebut sudah rusak. Bahkan, lobster besar yang dulu banyak ditangkap sekarang sudah jarang sekali ada.

Senada, Danlantamal V Surabaya juga membenarkan apa yang disampaikan Wabup Arifin tersebut. “Kebiasaan – kebiasaan yang kurang baik justru akan menimbulkan dampak buruk bagi ekosistem laut hingga saat ini. Kita semua meyakini bahwa Indonesia atau di Trenggalek sekalipun memiliki banyak potensi wisata alam yang luar biasa. Oleh karena itu, marilah kita bersama – sama merubah perilaku yang buruk dengan menjaga dan mencintai lingkungan, agar nanti kedepannya anak cucu kita tetap bisa menikmati keindahan alam ini, ” ungkap Edwin.

Ia menegaskan jika masyarakat bersikap baik, maka laut juga akan memberikan yang terbaik pula kepada kita. Dan begitu pula sebaliknya.

Masih terang Edwin, melalui Gerakan Satu Aksi Selamatkan Laut Indonesia ini juga menunjukkan rasa kecintaan masyarakat Indonesia terhadap ciptaan Tuhan.

“Semoga kegiatan semacam ini selalu dilakukan secara berkesinambungan dan akan diteruskan oleh generasi – generasi yang akan datang, ” imbuhnya.

Dalam kegiatan bersih pantai ini, lokasi penyisiran sampah dimulai dari Pantai Bangkoan di Desa Karanggandu hingga ke Pantai Mutiara di Desa Tasikmadu Kecamatan Watulimo. Penyisiran sampah di permukaan laut ini juga dilakukan oleh kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) setempat.

Dilanjutkan dengan pengibaran bendera didalam laut yang dilakukan oleh tim penyelam dari Lantamal V Surabaya. (mil/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional