Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

KPU Kota Malang Sukses Laksanakan PSU di 3 TPS, Partisipasi Turun

  • Kamis, 25 April 2019 | 22:23
  • / 19 Sya'ban 1440
KPU Kota Malang Sukses Laksanakan PSU di 3 TPS, Partisipasi Turun
Petugas KPPS melayani jemput bola pemilih sakit. (rhd)

Memontum Kota Malang – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di tiga TPS Kota Malang, yakni TPS 09 Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing, TPS 14 Kelurahan Penanggungan, dan TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, berjalan sukses. Meski prediksi KPU dengan target 75 persen tingkat partisipasi masyarakat di PSU kali ini sedikit meleset.

“Meski tidak di hari libur, kami harapkan tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi. Selain itu, kami juga menjamin kondusifitas PSU dengan menurunkan beberapa pihak yang sebelumnya terlibat. Pasca Pemilu, kami harapkan masyarakat dapat menerima hasilnya. Sehingga input ke PPK juga lancar sesuai jadwal,” jelas Ketua KPU Kota Malang Zaenudin ST, MAP.

Pemilih memasukkan surat suara di TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen. (rhd)

Pemilih memasukkan surat suara di TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen. (rhd)

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Malang, Ashari Husen, mengatakan tingkat partisipasi masyarakat di tiga TPS berbeda. Pasalnya tiap TPS jumlah surat suaranya berbeda. “Pastinya tingkat partisipasi masyarakat pada Pilpres lebih tinggi, dibandingkan TPS yang tidak PSU Pilpres. Contohnya di TPS 09 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing ini tidak ada PSU untuk Pilpres. Jadi kemungkinan lebih rendah,” jelasnya, ditemui Memo X di TPS 09.

Berdasarkan pantauan Memo X di 3 TPS memiliki karakteristik hasil yang berbeda dalam pelaksanaan PSU. Untuk TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, dilaksanakan di Musholla Ar Rahmat, jalan Prof. Moch. Yamin Gang V No. 6 Kota Malang. Ada 4 jenis pemilihan, yakni Pilpres, Pileg DPD, DPRD Provinsi dan DPR RI. Jumlah partisipasi kehadiran sebelumnya 218 pemilih atau 81 persen, menurun 175 pemilih atau 65 persen, dari jumlah pemilih 262 DPT, dan 7 DPK.

Animo pemilih PSU di TPS 09 Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing. (rhd)

Animo pemilih PSU di TPS 09 Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing. (rhd)

“Kami sangat mengharapkan kehadiran masyarakat dalam PSU kali ini. Bahkan kami sampai jemput bola pada dua DPT kami. Yakni ibu Riamah, DPT 180 kelahiran 31 Desember 1930, yang menderita stroke sehingga tidak bisa hadir di TPS. Selain itu, pak Juamin, DPT 109 yang lahir 3 April 1956, yang barusan RS karena operasi,” jelas Ketua KPPS Suci Handayani, TPS 17 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen.

Sementara, TPS 14 Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, dilaksanakan di halaman rumah Drs. H. Yudho Nugroho, jalan Mayjen Panjaitan No. 85 RT. 3 RW. 4 Kota Malang. Dilaksanakan dua jenis pemilihan, yakni Pilpres dan DPD. Tingkat partisipasi kehadiran sebelumnya 220 pemilih atau 74 persen, menurun 181 pemilih atau 61 persen, dari jumlah pemilih 268 DPT, 16 DPTb, dan 14 DPK.

Sedangkan, TPS 09 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, dilaksanakan di depan rumah Edo, jalan Lekso 22 Kota Malang.

Ada tiga jenis pemilihan, yaitu DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota Malang. Tingkat partisipasi kehadiran sebelumnya 170 pemilih atau 81 persen, menurun 131 pemilih atau 63 persen, dari jumlah pemilih 195 DPT, 1 DPTb, dan 13 DPK.

Salah satu pemilih sebelumnya tidak paham terkait diadakannya PSU. “Saya sempat curiga dan berpikiran macem-macem karena kok ada PSU. Dari penjelasan suami, ada yang nyoblos ga sesuai KTP. Dalam PSU ini tidak mempengaruhi pilihan saya, tetap seperti coblosan kemarin. Harapannya, bisa lebih baik lagi. Jangan sampai petugas kelelahan,” ungkap Ita Novianti. (adn/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional