Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Bakti Kelulusan MTsN 1 Kota Malang, Bantu Rampungkan 4 Kelas MI Nurul Huda

  • Senin, 6 Mei 2019 | 19:31
  • / 1 Ramadhan 1440
Bakti Kelulusan MTsN 1 Kota Malang, Bantu Rampungkan 4 Kelas MI Nurul Huda
Samsudin meletakkan batu bata pertama bantuan. (rhd)

Menontum Kota Malang—-Usai UNBK tingkat SMP/MTs, MTsN 1 Kota Malang menggelar Bakti Kelulusan Peserta Didik kelas IX tahun pelajaran 2018/2019. Sekitar 380 siswa kelas IX MTsN 1 Kota Malang tahun akademik 2018/2019, melakukan Bakti Kelulusan Angkatan 41 di MI Nurul Huda, jalan Moch. Juki, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun Kota Malang, Kamis (2/4/2019).

Mengusung tema “Bersyukur dengan Peduli”, sikap positif yang ditunjukkan oleh siswa kelas IX MTsN 1 Kota Malang ini patut dicontoh oleh generasi muda lainnya, terutama adik kelas. Karena kelulusan adalah hal yang patut disyukuri dengan cara yang baik dan terpuji.

Para siswa-siswi MTsN 1 bergotong-royong memindahkan batu bata secara marathon ke area pembangunan ruang kelas. (rhd)

Para siswa-siswi MTsN 1 bergotong-royong memindahkan batu bata secara marathon ke area pembangunan ruang kelas. (rhd)

“Meski dihelat untuk kelulusan siswa kelas IX, namun kegiatan ini juga melibatkan siswa kelas VII dan VIII, orang tua siswa, dan para guru. Tujuan keterlibatan adik kelas, selain untuk memberikan contoh baik dengan berbagi pada sesama yang membutuhkan, juga untuk menguatkan ukhuwah keluarga besar MTsN 1 Kota Malang. Dengan kekuatan tersebut, progress yang dicapai pun juga bermanfaat lebih besar,” jelas Kepala MTsN 1 Malang, Drs Samsudin MPd, kepada Memo X.

Samsudin menambahkan, Bakti Kelulusan ini untuk meningkatkan pelayanan pendidikan di madrasah khususnya di MI Nurul Huda. Program Bakti Lulusan ini rutin dilaksanakan MTsN 1 Kota Malang sebagai bentuk syukur kelas IX yang telah menyelesaikan pendidikan menengah tingkat pertama. Bersyukur dengan berbagi rejeki.

“Kegiatan bakti kelulusan ini merupakan giat rutin tahunan kali ke-8, yang terselenggara atas partisipasi orang tua wali murid MTsN 1 Kota Malang. Mereka berpartisipasi tanpa ditentukan besaran shodaqoh jariyah yang diberikan. Total dana yang terkumpul sekitar Rp 145 juta, yang didominasi dari siswa kelas IX. Itu bisa bertambah,” jelas Sam, sapaan akrabnya.

Dari donasi yang terkumpul, lanjut Samsudin, akan digunakan untuk perampungan pembangunan 4 ruang kelas MI Nurul Huda yang sempat terbengkalai, dan bantuan alat tulis, serta bantuan non fisik lainnya. Diharapkan, ruang kelas 3A, 3B, 4A, dan 4B akan dapat digunakan secara maksimal pada tahun ajaran baru 2019/2020.

“Kami mengucapkan terimakasih atas bantuan MTsN 1 Kota Malang. Kelas yang kami tempati belum rampung, karena terbentur biaya. Ada 4 ruangan yang sudah bisa disebut ruangan, tapi belum layak. Untuk itu, kami mengajukan proposal ke beberapa lembaga, termasuk MTsN 1 kota Malang. Dan alhamdulillah, bantuan yang diberikan cukup besar. Kami terharu dan ikut bangga,” jelas Kasek MI Nurul Huda, Agus Susanto, S.Ag, usai menerima penyerahan simbolis dana bantuan oleh Kepala MTsN 1 kota Malang.

Dalam kesempatan itu, Kasek kedua sekolah meletakkan batu bata pertama bantuan, disusul wakil kepala sekolah, dan komite sekolah. Usai rangkaian acara, siswa-siswi MTsN 1 kota Malang bergotong-royong memindahkan batu bata secara marathon ke area pembangunan ruang kelas.

Turut dihadiri oleh Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kemenag Kota Malang, Dr. H Sutrisno, MPd, komite MTsN 1, 380 siswa kelas IX, 102 guru/pegawai, 30 PPL UM, dan 65 orang tua siswa. Mereka disambut oleh marching band, tari Salman dan Asmaradana, serta nyanyian dari siswa MI Nurul Huda. (adn/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional