Memontum.Com

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS

Masjid di Jember, Mirip Masjid Turki Jadi Destinasi Wisata Jember

  • Senin, 13 Mei 2019 | 01:07
  • / 8 Ramadhan 1440
Masjid di Jember, Mirip Masjid Turki Jadi Destinasi Wisata Jember

Jember, Memontum – Salah satu masjid baru yang diberi nama Roudlotul Muchlisin yang terletak di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, memiliki kemiripan dengan masjid yang berada di negara Turki.

Masjid yang memiliki keindahan bangunandan arsitektur yang mengadopsi masjid di Turki menjadi destinasi wisata religi baru bagi masyarakat Jember dan luar daerah yang juga menjadi sasaran persinggahannya ketika datang ke Jember.

Bangunan Masjid Roudlotul Muchlisin yang terletak di Kaliwates Jember yang mirip dengan masjid di Turki

Bangunan Masjid Roudlotul Muchlisin yang terletak di Kaliwates Jember yang mirip dengan masjid di Turki

Masjid yang diresmikan pertengahan Mei 2017 lalu, sangat menarik perhatian masyarakat karena bangunan dan arsitektur memiliki keindahan dan kemegahan. Warna kuning dan jingga mendominasi pilar-pilar menyatu dengan warna kuning keemasan ibarat istana.

Selain untuk beribadah, pengunjung juga bisa mengabadikan foto dan berselpi. Masjid yang memiliki luas dua ribu meter persegi meniru desain masjid-masjid yang ada di Turki, dan juga lafal ayat suci Al-quran terpampang di interior bangunan.

“Kalau masjid ini mengadopsi dari turki, ya modelnya. Sekaligus didalamnya itu dipenuhi dengan kaligrafi yang besar, termasuk mahkota di setiap tiang. Kalau mahkota itu identik dengan masjid madinah, cuma secara keseluruhan, modelnya seperti masjid di Turki,” kata Takmir Masjid Roudlatul Muchlisin Samsul Arifin, Kamis (9/5/2019) siang.

Keindahan dan kemegahan masjid Roudlotul Muchlisin menarik warga datang untuk menunaikan sholat dan ibadah lainnya setiap hari. Apalagi selama bulan ramadan, berbagai kegiatan dilakukan di masjid ini selain sholat tarawuh, ada sholat malam, sahur bareng dan sebagainya.

Selain bulan ramadan, masjid ini biasanya sering menjadi tempat akad nikah warga Jember, bahkan juga, termasuk kegiatan anak-anak sekolah dari Jember.

Sementara menurut salah satu pengunjung, Evi menyampaikan secara pribadi menurutnya bangunan masjid ini sangat indah dan sepegetahuannya juga paling bagus menurutnya.

“Di sini itu, seperti masjid di Turki, ya setiap bulan ramadan selalu mengikuti kajian dan sekaligus taraweh disini,” ucapnya. (gik/yud/oso)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional