Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Gara-gara Isi WhastApp Lecehkan Wartawan, Seorang Berinisial F Dilaporkan ke Polisi

  • Senin, 27 Mei 2019 | 10:37
  • / 22 Ramadhan 1440
Gara-gara Isi WhastApp Lecehkan Wartawan, Seorang Berinisial F Dilaporkan ke Polisi

Memontum Batu—–Sosial media pada era sekarang ini seolah menjadi bagian penting bagi masyarakat apapun, golongan maupun strata sosialnya, baik sebagai sumber informasi, sosial, hiburan bahkan untuk bisnis. Namun apabila dalam menggunakannya masyarakat di tuntut untuk bijaksana, sebab penyalagunaan yang tidak baik dapat menyebabkan si penggunanya mendapatkan masalah hukum.

Seperti yang terjadi pada sebuah grup WhatsApp, forum warga Batu. Grup yang biasa rembug-an masalah warga Kota Batu, baik itu tentang pemerintahan pelayanan publik serta hal yang lain. Namun yang terjadi pada minggu, 26/5/2019, entah karena iseng atau ketidak pahaman sehingga salah satu anggota grup dilaporkan ke pihak kepolisian Resort Batu.


Karena dari postingannya dianggap melecehkan bahkan bisa menimbulkan rasa kebencian bagi profesi wartawan. Itu dalam unggahan dari akun yang dimiliki seseorang berinisial F menuliskan: “coba lihat menjelang hari raya ini…. pasti banyak LSM dan Wartawan yg masuk2 ke instansi2 dgn modus kegiatan atau apalah…. klw ini tidak di layani berimplikasi kurang baik.. dilayani sbnrnx tdk ada anggarannx… lantas, bagaiman menyisihkannx”.

Begitu dalam tulisannya menjadikan anggota di grup tersebut yang kebetulan wartawan memprotes serta bereaksi. Bahkan anggota yang lain pun banyak memberikan komentar.

Karena dianggap tulisan tersebut dapat menggiring opini publik yang negatif terhadap profesi wartawan, dan setelah dilakukan koordinasi akhirnya dilakukan upaya hukum. Selanjutnya para jurnalis ini mendatangi SPKT Polres Batu untuk melaporkan pemilik akun berinisial F tersebut.

Sementara itu Kasat Reskrim AKP, Anton Widodo membenarkan perihal laporan dari para wartawan.

“Ya ada laporan dari salah satu wartawan yang mewakili profesi wartawan yang bertugas meliput di Kota Batu terkait dugaan ujaran kebencian. Tetapi kami akan melaksanakan penyelidikan terlebih dahulu guna proses lebih lanjut, ” ujar Anton Widodo.

Ditambahkan pula oleh Anton, terkait hal teknis, itu menjadi privasi pihak penyidik serta berjanji akan memberikan pelayanan secara obyektif dan profesional.(bir/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional