Connect with us

Sidoarjo

Jelang Lebaran, Polisi Mulai Petakan Lokasi Rawan Kejahatan di Sidoarjo

Diterbitkan

||

Memontum Sidoarjo Tim Satuan Reskrim, Polresta Sidoarjo mulai memetakan sejumlah lokasi rawan kejahatan dan tindak pidana kriminal. Upaya ini dilakukan mulai menjelang lebaran hingga ketika warga mulai melaksanakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah.

Tidak hanya memetakan, saat ini polisi juga sudah menyebar ratusan personilnya ke sejumlah lokasi rawan itu. Hal ini sebagai upaya mengantisipasi tindakan pidana kriminal mulai menjelang lebaran hingga pascalebaran.

“Mulai kemarin kami sudah memetakan sejumlah lokasi rawan. Termasuk sudah menempatkan sejumlah personil di beberapa titik rawan itu,” terang Kasat Reskrim, Polresta Sidoarjo, Kompol Muhammad Harris kepada Memo X, Senin (27/05/2019).

Menurut Alumni Akpol 2005 ini, salah satu lokasi rawan adalah terletak di rumah kosong yang ditinggal penghuninya saat mudik lebaran. Oleh karena itu, pihaknya bakal selalu bekerjasama dengan perangkat setempat dan tokoh masyarakat agar sama-sama turut menjaga keamanan ketertiban di sekitar lingkungannya.

“Nah, rumah-rumah warga yang kosong ditinggal penghuninya mudik itu menjadi perhatian khusus. Makanya, kami akan bekerjasama dengan warga setempat untuk ikut mengamankan wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

Selain itu, yang harus diperhatikan adalah kawasan perumahan. Harris meminta petugas keamanan tetap waspada terhadap aksi-aksi kejahatan yang kerap terjadi menjelang lebaran.

“Kami minta agar petugas keamanan bisa melapor langsung saat terjadinya aksi kriminal. Jangan segan-segan melapor saat ada yang mencurigakan. Polisi akan standby 24 jam untuk mengamankan wilayahnya selama mudik lebaran,” tegasnya.

Sementara itu, lanjut Harris selain soal rumah kosong dan perumahan, pihaknya mengaku sudah menyebar anggotanya di sejumlah lokasi titik rawan lainnya. Terutama di lokasi yang masih sepi penduduk.

“Hal itu untuk mengantisipasi kejahatan jalanan.Pengamanan di jalan itu pasti. Apalagi ini musimnya orang mudik. Mudah-mudahan Sidoarjo tidak terjadi hal-hal yang menonjol. Sehingga mereka yang akan bepergian mudik bisa tenang, aman dan nyaman,” tandasnya. Wan/yan

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *