Connect with us

Kota Malang

Lebaran, Okupansi Hotel Kembali Meningkat

Diterbitkan

||

Lebaran, Okupansi Hotel Kembali Meningkat

Memontum Kota Malang – Usai mengalami paceklik (penurunan omzet, red) saat Ramadhan, kali ini beberapa hotel mengaku mulai mengalami peningkatan. Bahkan diprediksi H+5/6 lebih tinggi, bahkan full booking. Hal ini berbanding terbalik saat Ramadhan, dimana beberapa hotel di Kota Malang mengaku mengalami penurunan omzet cukup drastis, bahkan pemasukan hanya 30 persen, alias turun 70 persen. Dalam menyikapi ini, pihak hotel memutar otak agar tetap ada pemasukan. Terlebih menjelang pembagian THR lebaran bagi karyawan.

“Umumnya saat Ramadhan memang sepi. Namun hotel di daerah-daerah tertentu masih bisa mengais rejeki di bulan Ramadhan, asalkan ada paket menarik yang ditawarkan. Untuk Savana Malang, trend Ramadhan tahun lalu dan sekarang ada kenaikan. Karena kami mengotak-atik promosi dan layanan. Seperti paket buka puasa bersama,” jelas Suprapto, General Manajer Hotel Savana Malang.

Coorporate/plat merah lebih memilih paket event/seminar di hotel. (rhd)

Coorporate/plat merah lebih memilih paket event/seminar di hotel. (rhd)

Ditambahkan Suprapto, program promosi Savana Malang saat Ramadhan yaitu buka bersama (bukber) di hotel bintang empat ini. Selain itu, beberapa program sosial seperti berbagi kasih dan peduli bersama sejumlah ratusan anak yatim piatu dari panti asuhan di wilayah Malang Raya, donor darah, bakti sosial, dan tanam seribu pohon.

“Saat Ramadhan, tentunya kami berupaya meningkatkan okupansi, bukan penjualan paket event dan menginap seperti bulan biasanya, namun penjualan Food and Beverage (F&B) dalam paket buka bersama, baik untuk perorangan maupun coorporate. Pasalnya, selama ini andalan omzet kami itu paket event dan menginap yang kami kemas dalam sewa ruangan, hall, dan restoran,” tambah pria asal Malang ini.

Menurutnya, kebijakan pemerintah terkait APBN dan APBD, serta kebijakan coorporate dalam penyelenggaraan event-event turut berdampak pada okupansi penginapan. Seperti konsumen plat merah, dipastikan turun saat Ramadhan, meski ada yang memanfaatkan paket buka bersama. Namun kembali meningkat ketika menggelar acara seminar, diskusi publik, dan lainnya.

“Savana memiliki 10 ruangan meeting yang biasanya dipaketkan dengan menginap. Selain itu, kami juga menawarkan tiga fasilitas lainnya, seperti AfterFive, Poolside, dan Lounge Kayu Manis. Saat normal, sekitaran 100 pack lebih per hari per venue,” tandas Suprapto. (adn/yan)

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *