Memontum.Com

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang

Sosok Pemudi Pelopor dari Desa

  • Sabtu, 20 Juli 2019 | 18:54
  • / 17 Djulqa'dah 1440
Sosok Pemudi Pelopor dari Desa
OKOH : Musaiyana

Memontum Sampang – Gadis cantik inspiratif dari desa yang mewakili Jawa Timur sebagai pemuda pelopor di bidang agama, sosial dan budaya ialah Musaiyana (22) asal Dusun Duwa’ Ondung Karang Penang Kecamatan Karang Penang Kabupaten Sampang.

Muza sapaan akrabnya merupakan pendiri organisasi kepemudaan yang bernama Sampang Young Inspiration. Ia menjelaskan bahwa dibentuknya Sampang Young Inspiration bertujuan untuk sebuah perubahan nyata di Kabupaten Sampang dan menjadi solusi produktif yang berkelanjutan.

“Projek sosial ini fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui anak usia dini, pemuda dan masyarakat Sampang pinggiran,” ungkap Muza.

Mahasiswi Hukum Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya tersebut menambahkan tujuan dibentuknya Sampang Young Inspiration juga sebagai bentuk keresahan atas banyak isu nasional di Kabupaten Sampang.

“Sampang secara riset menjadi kabupaten yg sangat tertinggal dari kabupaten lainnya, pusat intoleransi dan indeks pengaruh hidup yang minim perlu diperhatikan,” tandasnya.

Selain itu, yang mengantarkan Muza menjadi wakil Jawa Timur sebagai pemuda pelopor yaitu berkat Rumah Literasi Desa yang dirintisnya. Terdapat 4 rumah literasi yang tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Robatal dan Kecamatan Kedungdung.

Muza menjelaskan didirikannya Rumah Literasi Desa yaitu untuk mencoba memberikan perubahan kepada masyarakat dan anak di desa binaan untuk bersama-sama membaca.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional