Connect with us

Sampang

Sudah Seminggu Blangko SIM Belum Tersedia

Diterbitkan

||

Sudah Seminggu Blangko SIM Belum Tersedia

Memontum Sampang – Hampir seminggu ketersediaan blangko surat izin mengemudi (SIM) di tiap daerah masih kosong, hal itupun juga terjadi di Satlantas Polres Sampang yang mengalami kekosongan blangko SIM.

Mengatasi hal tersebut, Satlantas Polres Sampang melalui Kanit SIM Aiptu Iwan Suhadi menjelaskan bahwa ketidaktersediaan blangko SIM, pihaknya mengganti blangko SIM dengan resi bank, baik bagi pengajuan SIM baru maupun perpanjangan.

URUS : Masyarakat saat melakukan pendaftaran pengajuan SIM. (zyn)

URUS : Masyarakat saat melakukan pendaftaran pengajuan SIM. (zyn)

“Untuk mengganti kekosongan blangko, Satlantas Polres Sampang mengganti dengan resi bank. Antara blangko dan resi bank kekuatan hukumnya sama, karena pada dasarnya prosedur dalam pembuatan sim telah dipenuhi,” papar Iwan saat ditemui Memontum.com, Selasa (30/7/2019) siang.

Saat ditanya kapan tersedia kembali blangko SIM tersebut, Iwan mengatakan bahwa ketersediaan blangko SIM dan STNK belum dapat dipastikan ketersediaannya, karena pengadaanya dari Mabes Polri.

“Ketersediaan blangko SIM di Mabes Polri masih kosong, jika tersedia maka kurang lebih 1 minggu akan dikirim ke daerah-daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Iwan mengatakan jika ketersediaan blangko SIM sudah ada, maka resi bank bagi pengajuan SIM baru maupun perpanjangan, dapat ditukar dengan SIM yang asli.

“Ketika blanko sudah tersedia, kami akan jemput bola untuk menginformasikan kepada masyarakat untuk menukarkan resi bank dengan SIM yang asli,” tandasnya.

Iwan menambahkan bahwa ketidaktersediaan blangko SIM tersebut dapat diterima masyarakat, dalam artian masyarakat memahami terhadap kekosongan blangko SIM.

“Masyarakat memahami dan menerima atas ketersediaan blangko SIM dan masyarakat kondusif dalam melakukan tahapan pengajuan SIM maupun perpanjangan SIM,” imbuhnya. (zyn/oso)

 

Advertisement
Advertisement Terkunci Pandemi Corona
Advertisement SBMPN POLINEMA MALANG

Terpopuler