Kota Malang

Alun-Alun Merdeka Dipadati Wisatawan, Eksistensi Burung Merpati Sita Perhatian

Diterbitkan

-

EKSIS: Nampak sejumlah burung merpati di sekitar kawasan Alun-alun Merdeka Kota Malang. (memontum.com/rsy)

Memontum Kota Malang – Menjadi salah satu destinasi wisata favorit, Alun-Alun Merdeka Kota Malang, ramai dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi disaat libur panjang yang terjadi seperti saat ini, Kamis (08/02/2024) hingga Minggu (11/02/2024) mendatang.

Dari pantauan Memontum.com, banyak wisatawan atau masyarakat yang memanfaatkan momen libur bersama dengan keluarga di Alun-Alun Merdeka. Bahkan, seperti tempat bermain anak, Fasum tempat duduk yang disediakan hingga air mancur Alun-Alun, sangat ramai dipadati.

Dalam momen ini, kepadatan wisatawan atau pengunjung juga dimanfaatkan oleh salah satu penjual pakan burung, Miun. Di areal yang juga banyak didapati burung merpati itu, dioptimalkannya sehingga mampu menghasilkan uang mencapai ratusan ribu rupiah perharinya.

“Karena banyak anak-anak kecil dan banyak burung merpati, maka saya menjual pakan burung. Ini sudah saya lakukan sejak tahun 90 an. Kalau waktu libur seperti ini, banyak pembelinya dan bahkan bisa habis semua,” ujar Miun, disela-sela berjualannya, Kamis (08/02/2024) tadi.

Advertisement

Untuk harga perbungkus pakan, ujar Miun, dirinya menjual hanya Rp 1000. Perharinya, sekitar 400 bungkus pakan biasa dirinya bawa.

Baca juga :

“Kalau lagi tidak hujan dan banyak pengunjung, jualan dari pagi sampai pukul 14.00 WIB, itu habis. Apalagi kalau liburan ini ramai, bisa mencapai Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. Untuk pakannya, ini beli lalu dikemasin sendiri,” katanya.

Miun menambahkan, dari hasil penjualannya itu, uang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga. Apalagi, dirinya memiliki tiga orang anak yang masih bersekolah.

Advertisement

“Namanya manusia, mesti ada rasa tidak cukupnya. Tetapi dengan berjualan ini, saya buat cukup dan yang penting mensyukuri serta menikmati. Dapat banyak kalau tidak bersyukur, ya hampa rasanya,” ucap warga Kedungkandang ini.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Ana (42) yang datang bersama dengan keluarga dari Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang, mengaku sengaja datang ke Alun-Alun Merdeka, hanya untuk refreshing. Terlebih, Alun-Alun Merdeka juga menjadi tempat favoritnya.

“Datang ke sini tadi sama anak dan suami. Dari anak saya masih berusia 5 tahun sampai sekarang sudah SMP, kalau refreshing mesti ke sini. Selain murah, nyaman, juga terjaga kebersihannya. Sehingga cocok untuk dibuat santai kalau lagi liburan,” ujar Ana.

Tidak hanya itu, kunjungannya pun juga ingin melihat burung-burung merpati yang ada. Apalagi, ada penjual makanan merpati dan bisa jadi mainan tambahan pengunjung anak-anak. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas