Kabar Desa

Banjir Lamongan Rendam Tiga Desa, Ratusan Hektar Tambak dan Rumah Warga

Diterbitkan

-

Memontum Lamongan – Intensitas curah hujan tinggi mengakibatkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan. Beberapa desa yang terdampak, yakni Desa Tambakploso, Pomahanjagan dan Desa Kemlagilor. Bahkan, musibah banjir tersebut juga merendam serta menggenangi ruas jalan, ratusan areal tambak serta ratusan rumah warga.

“Luapan air kiriman curah hujan wilayah Lamongan Selatan itu, membuat aliran air Sungai Kruwul II dan Sungai Mengkuli dan sungai Plalangan, tidak dapat menampung derasnya debit air. Sehingga, menjadu meluber di wilayah Kecamatan Turi,” kata Kapolsek Turi Polres Lamongan, Iptu Kusnandar, Kamis (08/02/2024) tadi.

Diperoleh informasi, Di Desa Tambakploso, untuk areal tambak yang tergenang air sekitar 120 hektar, jalan kampung terendam air sekitar 1 km dengan ketinggian air rata-rata sekitar 30 cm. Sedangkan jalan poros desa terendam air sekitar 500 meter dengan ketinggian air rata-rata sekitar 30 cm serta rumah yang terdampak banjir ada sekitar 195 rumah dengan ketinggian air mencapai 10 hingga 30 cm.

Baca juga :

Advertisement

Desa Pomahanjagan, untuk areal tambak yang tergenang air sekitar 114 hektar, jalan poros desa terendam air sekitar 100 meter dengan ketinggian air rata-rata mencapai 12 cm. Untuk rumah yang terdampak banjir ada sekitar 15 rumah dengan ketinggian air mencapai 10 cm.

Sedangkan di Desa Kemlagilor, banjir hanya menggenangi areal tambak sekitar 5 hektar. Sementara dalam kejadian itu, tidak ada korban jiwa. BPBD Lamongan sendiri masih terus menginventasir dampak dari musibah tersebut beberapa sejumlah jajaran.

“Tim Rekasi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lamongan terus melakukan monitoring ketinggian air ke lokasi kejadian serta berkoordinasi dengan unsur jajaran terkait guna menentukan penanganan langkah lanjutan. Untuk kondisi saat ini, debit air berangsur-angsur surut dan cuaca berawan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Lamongan, Joko Raharto. (son/gie)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Lewat ke baris perkakas