Bondowoso

KPU Bondowoso Yakin Partisipasi Pemilih di Pilkada 2018 Meningkat

Diterbitkan

-

Ilustrasi

Memontum Bondowoso–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso meyakini bahwa partisipasi pemilih dalam Pilkada Bondowoso maupun Pilkada Jawa Timur akan meningkat. Hal itu disebabkan karena munculnya dua bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada 2018 mendatang. Hal itu sebagaimana dikemukakan Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bondowoso, Saifullah siang kemarin.

Kata dia, semakin banyak kandidat yang maju dalam Pilkada hal itu akan berdampak pada partisipasi pemilih, sebab, masing-masing pendukung akan menggencarkan kampanye untuk memperoleh suara sebanyak-banyaknya. Sehingga hal tersebut akan berdampak pada peningkatan partisipasi pemilih.

“Masing-masing pendukung pasangan pastinya akan mencari dukungan sebanyak-banyaknya, dan otomatis mampu mendongkrak memenuhi target partisipasi pemilih yang ditetapkan KPU,” ujarnya.

Adapun dua kandidat pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang sudah memproklamirkan dirinya maju pada Pilkada serentak 2018, yaitu, Ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dafir yang berpasangan dengan Drs, H. Hidayat, M. Si yang kini masih menjabat sebagai Sekda Pemkab Bondowoso, Kiai Salwa Arifin bersama Wakil Ketua DPRD Bondowoso, Irwan Bachtiar.

Advertisement

“Pak Dafir berangkat dari PKB yang memiliki 12 kursi. Sedangkan Kiai Salwa diusung PPP yang memiliki 5 kursi ditambah Irwan Bachtiar yang berangkat dari PDI-P dengan 9 kursi,” terangnya.

Saifullah optimis, KPU mampu mencapai target partisipasi pemilih yaitu 77,5 persen. Dimana pada pemilu 2014, Bondowoso gagal mencapai target tersebut dengan capaian hanya 74 persen dari target 77,5 persen.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk mencapai target, diantaranya, melakukan sosialisasi kepemiluan terhadap partai politik, LSM, Ormas, SKPD, para camat dan kades,” katanya.

Bondowoso memiliki lima daerah pemilihan (Dapil). Dapil I meliputi Kecamatan Bondowoso, Wonosari dan Tenggarang. Dapil II meliputi Kecamatan Botolinggo, Klabang, Prajekan, Cermee dan Tapen. Dapil III meliputi kecamatan Pujer, Sumber Wringin, Tlogosari, Sukosari dan Sempol. Dapil IV meliputi kecamatan Grujugan, Tamanan, Maesan dan Jambesari Darus Sholah, dan Dapil V meliputi kecamatan Pakem, Wringin, Binakal, Curahdami, Tegalampel dan Taman Krocok. (cw-1/yan)

Advertisement

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas