Pasuruan

‘Si Peci’ Siap Menangkan Teno-Hasjim

Diterbitkan

-

Koalisi Si Peci Andri Wahyudi dan Joko Cahyono

Memontum Pasuruan – Suhu politik Kota Pasuruan jelang pelaksanaan Pemilihan Walikota Pasuruan, kian hari semakin memanas. Hal ini lantaran telah diturunkannya Rekom DPP PKB dan DPP Golkar untuk mendukung Saifulloh Yusuf berpasangan dengan Adi Wibowo maju menjadi calon walikota Pasuruan periode 2020-2025.

Dengan turunnya Rekom tersebut, maka dapat dipastikan dalam perhelatan Pilwalkot Pasuruan nanti hanya dua pasangan calon yang akan bertempur, memperebutkan kursi Paskot yakni pasangan calon incumben Teno-Hasjim (Tegas) dan Gus Ipul (Saifulloh Yusuf)- Adi Wibowo (Giat).

Pasangan calon walikota yang akan tertarung mendapatkan dukungan dari parpol yang duduk di kursi DPRD Kab.Pasuruan. Pasangan Calon Teno-Hasjim (Tegas) mendapat dukungan dari koalisi partai PDI-P, Gerindra, Hanura,Nasdem total 9 kursi. Sementara pasangan calon Gus Ipul-Adi (Giat) diusung oleh partai parlemen DPRD Kota Pasuruan diantaranya PKB,Golkar,PAN,PKS,PPP dengan total 21 kursi. Dari perhitungan diatas kertas dukungan terhadap pasangan Giat (Gus Ipul-Adi) dapat dipastikan mendapat suntikan suara parpol 65% dan pasangan calon Tegas (Teno-Hasjim) di dukung 35% suara Parpol.

Dengan jomplangnya dukungan suara di parlemen DPRD Kota Pasuruan tersebut diatas pada pasangan calon Gus Ipul-Adi Wibowo (Giat), tidak menjadikan pasangan calon Tegas (Teno-Hasjim) keder dengan hal tersebut.

Advertisement

Seperti yang disampaikan oleh Raharto Teno Prasetyo (Teno) saat diwawancarai Memo X, Senin (31/8/2020). “Dalam alam demokrasi terbuka seperti ini, apapun hasil akhir setiap pelaksanaan pilkada bisa saja terjadi. Artinya tidak semua pasangan calon yang didukung oleh mayoritas anggota dewan bisa menang begitu saja, dan tak sedikit pasangan calon yang hanya didukung sebagian parlemen menyodok dan memenangkan Pilkada,” ujarnya.

Sementara itu diluar gelanggang pertarungan Pilwalkot Pasuruan, seperti halnya di gedung DPRD Kab.Pasuruan juga sedemikiam rupa. Dukungan moral dan siap terjun memenangkan masing-masing Paslon ” Tegas dan Giat” juga terasa.

Seperti halnya yang dilontarkan oleh Ketua Koalisi Parlemen Raci atau biasa disebut akronim “Si Peci” yakni Andri Wahyudi yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kab.Pasuruan dari PDI-P. “Secara strutural hak pilih kami yang ada di Kabupaten tidak memiliki kewenangan apapun. Namun secara emosional sebagai dari kebijakan umum partai pengusung,kami siap untuk membantu keberadaan dan memenangkan paslon Tegas,” ujarnya.

Koalisi partai politik yang terbangun di Pasuruan Kota tak berbeda jauh dengan koalisi yang ada di Pasuruan Kabupaten. “Jadi dari hal tersebut, maka tidak ada salahnya kami “Si Peci” yang terdiri dari partai koalisi PDI-P, Gerindra, Nasdem, Fraksi Gabungan (PKS,Hanura,Demokrat) dan PPP membantu kemenangan Paslon Teno-Hasjim,” tegas Andri Wahyudi yang diamini oleh sejumlah koleganya di gedung DPRD Kab.Pasuruan, Senin (31/8/2020) sebelum dilaksanakannya rapar paripurna pengesahan P-APBD 2020. (hen/mzm)

Advertisement

 

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas