Blitar

Dinkes Pastikan Kabupaten Blitar Aman dari Difteri

Diterbitkan

-

Dinkes Pastikan Kabupaten Blitar Aman dari Difteri

Memontum Blitar — Kendati Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sudah menyatakan jika di wilayah Jawa Timur merupakan daerah yang darurat penyakit difteri dan sudah dinyatakan sebagai kasus Kejadian Luar Biasa (KLB). Namun ternyata tidak semua daerah dalam kondisi bahaya difteri, termasuk Kabupaten Blitar.

Meskipun wilayah Jawa Timur darurat penyakit difteri, namun untuk wilayah Kabupaten Blitar dipastikan aman dari penyakit difteri. “Kita pastikan di Kabupaten Blitar ini tidak ada difteri,” kata Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, Selasa (12/12/2017).

Lebih lanjut Krisna Yekti menjelaskan, mengacu data yang ada, jumlah kasus difteri di Kabupaten Blitar dari tahun 2016 mengalami penurunan. Dimana di tahun 2016 ada 50 kasus difteri. Sedangkan sepanjang tahun 2017 hingga Desember ini, hanya ada 11 kasus difteri.

“Dari 11 penderita difteri itu sebagian sudah sembuh dan sebagian masih dirawat di rumah sakit,” ungkap Krisna Yekti.

Advertisement

Penurunan kasus difteri ini merupakan dampak positif dari pelaksanaan imunisasi difteri atau Outbreak Respons Imunisation (ORI) yang dilakuan tiga kali berturut-turut. “Kita sudah melakukan upaya pencegahan, termasuk melakukan imunisasi difteri. Sehingga di Kabupaten Blitar ini jumlah penderita terus menurun,” imbuh Krisna Yekti. (jar)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas