Kota Malang

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Dua Lokasi Kota Malang

Diterbitkan

-

TUMBANG: Pohon tumbang yang terjadi di Jalan Muharto Gang Permadi RT 07 RW 4, Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing. (ist)

Memontum Kota Malang – Hujan deras dengan intensitas sedang hingga tinggi yang disertai angin kencang menyebabkan dua pohon tumbang di Kota Malang, Senin (14/10/2024) tadi. Peristiwa ini, terjadi antara pukul 14.00 hingga 15.10 WIB di wilayah Kecamatan Blimbing dan Kecamatan Klojen.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Malang, Prayitno, menyampaikan bahwa kejadian tersebut dikategorikan sebagai dampak dari cuaca ekstrem. Dua titik lokasi pohon tumbang yang dilaporkan, berada di Jalan Muharto Gang Permadi RT 07 RW 4, Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing dan Jalan Tanggamus No.29, Kelurahan Oro-oro Dowo, Kecamatan Klojen.

“Di lokasi pertama, pohon jenis Sepatoe Dea dengan panjang sekitar 8 meter dan diameter 40 cm tumbang, menimpa atap tralis besi rumah warga. Di lokasi kedua, pohon Trembesi dengan panjang sekitar 10 meter dan diameter 30 cm tumbang, merusak kabel PLN dan internet, serta menyebabkan penutupan akses jalan sementara,” jelas Prayit, saat dihubungi.

Baca juga :

Advertisement

Dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa atau pun korban luka. Mengenai kerusakan fisik di dua lokasi tersebut juga masih dalam proses perhitungan. Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Malang juga langsung melakukan evakuasi dan penanganan di kedua lokasi kejadian.

“Penanganan evakuasi bersama dengan personil dari DLH, Satgas Kecamatan Klojen dan pihak lain, selesai pada pukul 17.05 WIB,” tambahnya.

Dari peristiwa tersebut, ujarnya, BPBD Kota Malang merekomendasikan pemangkasan rutin pada dedaunan dan ranting pohon secara berkala untuk meminimalisir risiko pohon tumbang. Kemudian, juga mengimbau kepada masyarakat Kota Malang agar selalu waspada terhadap potensi bencana, terutama di musim hujan ini.

“BPBD Kota Malang tentunya tetap mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana di sekitar tempat tinggalnya, apalagi di musim penghujan seperti saat ini,” imbuh Prayit. (rsy/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas