SEKITAR KITA

Jangkau Layanan Kesehatan, Tim Yankes Bergerak ke Pulau Sapudi Sumenep Temui Pj Gubernur

Diterbitkan

-

TIM: Tim Yankes Bergerak ke Pulau Sapudi Sumenep saat menemui Pj Gubernur Jatim. (pemprov for memontum)

Memontum Surabaya – Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menerima Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak ke Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep, Madura di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (24/10/2024) tadi. Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim, Pemprov mengirim 45 orang personil yang terdiri dari dokter, dokter spesialis, bidan, farmasi dan perawat, yang ditargetkan akan melayani sebanyak 585 pasien di wilayah Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep-Madura, mulai 25 hingga 28 Oktober 2024.

Pj GubernurAdhy Karyono mengatakan, Yankes Bergerak Pemprov Jatim merupakan bentuk kehadiran langsung Pemerintah Provinsi bagi masyarakat Jatim, khususnya masyarakat di kepulauan Madura, dalam bidang kesehatan. Bukan tanpa alasan, kesehatan disebutnya sebagai hal mendasar yang menentukan suksesnya sebuah pembangunan dalam suatu wilayah.

“Betapa keberhasilan pembangunan sangat ditentukan salah satunya adalah urusan kesehatan. Jatim dengan variasi geografisnya serta disparitas ketersediaan tenaga kesehatan, maka Yankes Bergerak ini adalah upaya ‘jemput bola’ Pemprov Jatim langsung ke masyarakat. Dan ini semua gratis,” kata Pj Gubernur Adhy.

Tim Yankes Bergerak Tahap II ini, lanjutnya, merupakan gabungan dari berbagai RS Pemprov Jatim. Diantaranya, RSUD Dr Soetomo, RSUD Dr Saiful Anwar, RSUD Mohammad Noer Pamekasan hingga Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur.

Advertisement

Dikatakannya, pemberangkatan Yankes Bergerak kali ini juga merupakan yang kedua di tahun 2024. Dimana pada Mei 2024 lalu, Yankes Bergerak Jatim Tahap I telah berhasil memberikan layanan kesehatan gratis kepada 563 pasien di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep-Madura.

Baca juga :

Untuk itu, dirinya berharap agar kegiatan semacam ini bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya. Tidak sendiri, bersama dengan seluruh mitra Pemprov Jatim serta masyarakat, harapannya pelaksanaan Yankes Bergerak bisa menjangkau lebih banyak masyarakat di wilayah-wilayah pelosok Jawa Timur.

“Kita bisa membuka diri, supaya kegiatan semacam ini bisa menggandeng mitra-mitra di luar Pemprov Jatim. Dengan begitu bisa menambah jumlah dan jangkauan. Sehingga, tidak selamanya bertumpu pada APBD,” ujarnya.

Kerja sama yang dimaksud, kata Pj Gubernur Adhy, bisa berupa bantuan transportasi, Nakes hingga kebutuhan obat-obatan. “Bayangkan jika semua itu bisa terwujud, maka kita bisa menjangkau masyarakat hingga ke wilayah yang susah dijangkau,” ucapnya.

Advertisement

Sebagai informasi, jenis layanan yang diberikan pada kegiatan Yankes Bergerak Tahap II diantaranya adalah upaya kesehatan perorangan, seperti pelayanan dasar, layanan spesialis, skrining dan konsultasi hingga akupunktur/akupresur. Selain itu, juga dilakukan upaya kesehatan masyarakat (KIE dan Pemberdayaan Masyarakat) serta Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia khusunya Tenaga Kesehatan, Tenaga Medis, Kader dan Tokoh Masyarakat.

Sementara, jenis kasus yang dilayani diantaranya Obgyn, Bedah, Mata, THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan), Gigi, Kejiwaan, Anak dan Paru. Sedangkan, pelaksanaan Yankes Bergerak juga melibatkan delapan Puskesmas setempat yang terkategorikan sebagai Puskesmas Kawasan Terpencil dan Sangat Terpencil di Kabupaten Sumenep.

Kedelapan Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Gayam, Puskesmas Nonggunong, Puskesmas Kangayan, Puskesmas Arjasa, Puskesmas Raas, Puskesmas Sapeken, Puskesmas Masalembu dan Puskesmas Pagerungan Besar. (kom/sby/sit)

Advertisement
Advertisement
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas