Sidoarjo

Ditinggal Jemput Anak, Dapur Ludes Dilalap si Jago Merah

Diterbitkan

-

Korban Novi Karolina saat dimintai keterangan petugas Polsek Tulangan (gus)

Memontum Sidoarjo—Rumah milik Novi Karolina (34) di Perumahan Surya Kencana Cluster Jupiter Blok E No.25, Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Rabu (24/1/2018) sore, terbakar. Warga setempat mendapati kepulan asap putih beserta api membumbung tinggi di dapur, seketika gotong-royong melakukan pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya. Penyebab kebakaran, sekitar pukul 16.30 WIB.Pertama kali diketahui tetangga korban,Popy Firmansyah (24),ketika di warung kopi sedang melayani pembeli.Tiba-tiba mendapati kepulan asap putih, di bagian belakang (dapur).Asap putih disertai api semakin membesar, membumbung tinggi ke atas.

 

Tidak lama berteriak minta tolong pada warga setempat, untuk melakukan pemadaman. Namun rumah itu kondisi pintu terkunci dari luar, akhirnya terpaksa menjebol jendela yang berada di depan rumah. Dan berhasil masuk, langsung dilakukan penyiraman air menggunakan alat seadanya.

Petugas Polsek Tulangan,menunjukan kondisi dapur yang terbakar saat ditinggal pemiliknya,Novi Karolina (gus)

Petugas Polsek Tulangan,menunjukan kondisi dapur yang terbakar saat ditinggal pemiliknya,Novi Karolina (gus)

Untungnya dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Sebab saat kebakaran terjadi, Ivon (4) anak korban paling kecil sedang tidur berdekatan dengan dapur. Dia ditinggal ibunya menjemput Putri Adilita Pratama (14) anak pertamanya pulang dari sekolah di kawasan Janti, Sidoarjo.

 

Advertisement

Menurut korban Novi Karolina, sebelum kebakaran terjadi di rumahnya itu, dia sedang memasak pepes. Kemudian api dari kompor dikecilkan, dan ditinggal menjemput anaknya  pulang dari sekolah ke Janti, Sidoarjo. “Tidak tahunya, saat saya kembali pulang ke rumah, kondisi sudah terbakar. Memang anak saya yang paling kecil, Ivon, tidak saya ajak untuk menjemput kakaknya karena sedang tidur,” ucapnya.

Petugas Polsek Tulangan,menunjukan kondisi dapur yang terbakar saat ditinggal pemiliknya,Novi Karolina (gus)

Petugas Polsek Tulangan,menunjukan kondisi dapur yang terbakar saat ditinggal pemiliknya,Novi Karolina (gus)

“Untungnya Mas, anak korban dapat diselamatkan. Karena posisi kamar tidur berdekatan langsung dengan dapur. Sebab melihat api itu sudah membesar, dan merembet ke atap. Selain itu rangka atap terbuat dari galvalum, dan pintu rumah terkunci. Coba bayangkan jika langit-langit atap rumah terbuat dari kayu. Kemungkinan, anak korban juga turut terbakar,” ujarnya Popy Firmansyah tetangga korban

 

Kapolsek Tulangan AKP Nadzir Syah Basri membenarkan, “Bahwa di kawasan Perum Surya Kencana Cluster Jupiter Blok E No.25, Desa Grogol,telah terjadi kebakaran di bagian dapur. Namun peristiwa itu, tidak ada laporan dari korban maupun warga. Akan tetapi anggota kami sudah di lapangan, melakukan pengecekan serta membantu warga maupun korban untuk pembasahan dan berhasil dipadamkan sebelum 2 unit mobil PMK Sidoarjo tiba,” terangnya, Kamis (25/1/2018).

 

Advertisement

Ditegaskan Nadzir, “Dalam peristiwa itu,tidak ada korban jiwa hanya matrial saja. Kerugian dialami korban, diperkirakan mencapai Rp15 juta. Menurut keterangan beberapa saksi, korban ini meninggalkan rumah menjemput anaknya pulang dari sekolah dengan kondisi kompor menyala. Kami mengimbau seluruh masyarakat, sebelum bepergian kemana pun. Terlebih dulu dilakukan pengecekan, terutama pada kompor atau lainya,” pungkasnya. (gus/yan)

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas