Surabaya

Sekdaprov Minta Pendataan Survey Penyusunan Disagregasi PMTB Libatkan Masyarakat

Diterbitkan

-

Sekdaprov Minta Pendataan Survey Penyusunan Disagregasi PMTB Libatkan Masyarakat

Memontum Surabaya — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr H Akhmad Sukardi, MM meminta agar pendataan survey penyusunan disagregasi pembentukan modal tetap bruto/PMTB Tahun 2018 melibatkan masyarakat luas. Harapan itu disampaikan agar pendataan penyusunan tersebut untuk mewujudkan pembangunan bangsa melalui pendataan secara maksimal.

“Ini sangat mengharapkan kontribusi, kerjasama dan partisipasi masyarakat pada kegiatan tersebut guna wujudkan pembangunan bangsa,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi, MM saat membuka Koordinasi Penyusunan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 di Hotel Novotel Surabaya, Rabu (14/3/2018).

Lebih lanjut Akhmad Sukardi menjelaskan, keterlibatan masyarakat dalam pendataan survey ini sejalan dengan prioritas nasional 2018 di bidang pengembangan dunia usaha dan pariwisata pada program perbaikan iklim investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan. Apalagi ini sangat membutuhkan data investasi fisik atau pembentukan modal tetap bruto yang telah didisagregasi menurut institusi dan lapangan pekerjaan.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Sekdaprov Akhmad Sukardi menjelaskan, kalau pemerintah melalui Bappenas meminta BPS melaksanakan Survey Penyusunan Disagregasi PMTB Tahun 2018. Pelaksanaannya dijadwalkan pada April – Juni 2018 menyasar 34 provinsi seluruh wilayah Indonesia. “Jumlah sample terpilih di wilayah Jawa Timur sebanyak 3.233 responden yang tersebar di seluruh 38 kabupaten/kota,” katanya.

Advertisement

Pada kesempatan itu, Akhmad Sukardi menjelaskan pula bahwa saat ini pemerintah terus mengupayakan pemenuhan azas keterpaduan, keakuratan dan kemutakhiran data dalam kegiatan statistik dasar, sektoral, maupun khusus.

“Dalam rangka perencanaan pembangunan nasional pada khususnya dan pembangunan sistem rujukan informasi statistik nasional pada umumnya, penyelenggaraan kegiatan statistik ini perlu upaya koordinasi dan kerjasama serta upaya pembinaan terhadap seluruh komponen masyarakat statistik,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa investasi diartikan sebagai modal atau capital yang dimiliki atau dikuasai oleh pelaku ekonomi. Sebagian ahli ekonomi memandang bahwa pembentukan investasi bertanggung jawab terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi suatu wilayah. Oleh karena itu, peran investasi dalam perekonomian tercermin dalam PMTB. Dan secara teoritis, perekonomian suatu negara ditentukan setidaknya dua faktor produksi, yaitu barang modal (kapital) dan tenaga kerja.

Advertisement

Laman: 1 2

Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas