Kediri

BKKBN Sosialisasikan Kesehatan Reproduksi dan PUP

Diterbitkan

-

Memontum Kediri——–Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengadakan sosialisasi kesehatan reproduksi dan pendewasaan usia perkawinan (PUP) di SMK 1 Pagerwojo Tulungagung Rabu (7/11/2018).

Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim Sukamto mengatakan, melalui program Generasi Berencana (GenRe), BKKBN mengajak seluruh siswa-siswi SMK 1 Pagerwojo mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak guna menciptakan generasi muda Indonesia yang berkualitas. “Besarnya jumlah remaja di Indonesia menjadi potensi baik jika disertai dengan kebijakan yang tepat. Kita perlu membantu remaja menghadapi masa sekarang sekaligus membantu menyiapkan masa depan mereka,” katanya.

Sukamto menyoroti sejumlah persoalan remaja, meliputi pernikahan anak, seks bebas, ancaman HIV/AIDs, hingga penyalahgunaan narkoba. “46 persen kematian ibu melahirkan terjadi pada ibu berusia dibawah 20 tahun. Imbauan BKKBN untuk keluarga direncanakan bagi perempuan minimal di usia 21 tahun, sementara laki-laki 25 tahun,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Suparni, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  menyatakan dukungan terhadap program twrsebut  guna menciptakan generasi yang kuat.

Advertisement

” Kami mewakili OPD Tulungagung, bahwa pemirintah Tulungagung mendukung penuh terkait program BKKBN, karena sudah sejak BKKBN ada kami sudah membantu mensosialisasikan programnya dan menginisiasi. Kami adakan muatan-muatan lokal terkait dengan pengetahuan kesehatan reproduksii,” tegasnya.

Suparni juga mengapresiasi program GenRe yang memberikan life-skills untuk remaja, diantaranya melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang ada di sekolah, pesantren, perguruan tinggi, LSM maupun di masyarakat untuk membantu menyiapkan masa depan. “Atas nama Pemda Tulungagung menyambut baik penyelenggaraan penyuluhan ini. Karena masa remaja merupakan masa peralihan anak ke dewasa. Banyak tantangan untuk menemukan jati diri di masa ini, ” tegasnya.

Diharapkan kesungguhan dan kerja keras untuk menempatkan remaja sebagai sasaran prioritas program ini demi ciptakan remaja berperilaku sehat. (mid/yan)

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas