Kota Batu

Siraman Bunga 7 Rupa, Syukuran ala Pol PP Kota Batu

Diterbitkan

-

Siraman (Kasatpol PP Mandikan Anggota)

Memontum Kota Batu–Puluhan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dimandikan dengan bunga tujuh rupa, pemandanggan unik ini terjadi hari ini Selasa (21/11/2017) pagi, di depan Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani. Kasatpol PP Kota Batu Robiq Yunianto menjelaskan prosesi siraman ini bukanlah prosesi siraman pernikahan adat jawa, melainkan tradisi syukuran kenaikan pangkat ala Satpol PP Kota Batu.

 

“Hari ini ada beberapa anggota kami yang mendapatkan kenaikan pangkat. Maka sebagai rasa syukur dan supaya lebih memotivasi mereka bekerja lebih baik lagi diadakan tradisi siraman ini,” ucap Robiq.

 

Advertisement

Masih kata Robiq, seorang anggota Satpol PP Kota Batu bernama Edi Suprapto, mendapatkan kenaikan pangkat dari Penata Tingkat I ke Pembina dengan pangkat IV A. Sementara dua anggota Satpol PP, yakni Indra dan Okta resmi menyandang penyidik dari Kemenkumham.

 

“Satu anggota mendapat kenaikan pangkat. Sementara ada dua anggota kami yang resmi menyandang penyidik dari Kemenkumham. Mereka sudah mendapat kartu anggota penyidik,” ujarnya.

 

Advertisement

Penyidik tersebut berfungsi sebagai penegakan perda dan penyelenggara ketertiban umum, baik dengan pro-yustisial yakni menegakkan perda dalam tindak pidana ringan dan non pro yustisia yakni penegakan perda dengan cara persuasif oleh Satpol PP.

 

Selain itu, ada 20 anggota Satpol PP yang juga harus rela ‘berbasah ria’ disiram dengan bunga tujuh rupa layaknya siraman ala pernikahan adat jawa. “Mereka itu merupakan anggota tim PTI (Petugas Tindak Internal) yang baru dibentuk. Tugasnya membina dan mengawal etika disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batu,” tuturnya. Total ada 23 ASN Satpol PP yang dimandikan bunga tujuh rupa, 20 merupakan anggota PTI, 2 penyidik, dan 1 orang kenaikan pangkat. (lih/yan) 

 

Advertisement
Advertisement

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker

Refresh Page
Lewat ke baris perkakas