Connect with us

Pemerintahan

Coffee Morning di Lokasi Anugerah Desa Wisata Indonesia, Bupati Arifin Instruksikan Membuat Kalender Event

Diterbitkan

||

Coffee Morning di Lokasi Anugerah Desa Wisata Indonesia, Bupati Arifin Instruksikan Membuat Kalender Event
COFFEE MORNING (ki-ka): Plt Sekda Trenggalek, Andriyanto, Bupati Arifin, Wabup Syah Natanegara. (memontum.com/mil)

Memontum Trenggalek – Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar coffee morning bersama jajarannya di Desa Wisata Pandean, Kecamatan Dongko. Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dalam kesempatan itu menginstruksikan agar ada kalender event atau Calender of Event (CoE) khusus di Kota Keripik Tempe.

Dalam Calendar of Event 2022 ini, Trenggalek akan kembali menyelenggarakan berbagai kegiatan. Baik di bidang pariwisata maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sehingga, bisa menjadi tumpuan dalam pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19.

“Kita minta jajaran untuk membuat kalender event. Ini dikarenakan, setiap orang yang akan melakukan perjalanan liburan, pasti direncanakan. Harapannya dengan adanya kalender event, setiap event yang digelar terencana dan bisa mengundang kunjungan wisata,” tegas Bupati Trenggalek, Jumat (10/06/2022) siang.

Dijelaskan suami Novita Hardiny ini, banyak event tahunan yang bisa dikemas. Seperti bersih desa di bulan Selo (dalam penanggalan jawa), yang sebenarnya bisa menarik kunjungan wisata. Dengan begitu, diharapkan masyarakat lebih luas bisa tahu, tertarik serta berkunjung guna bisa melihat dan menikmati event tersebut.

“Dan kenapa harus desa wisata, karena sektor ini dampaknya bisa langsung dirasakan dan menggerakkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga :

Seperti kata pepatah, sambung Bupati Arifin, ‘ora obah, ora mamah (tidak bekerja/berusaha, maka tidak bisa makan, red):. Dengan event-event itu, maka masyarakat sekitar bisa merasakan dampak ekonominya.

“Secara tidak langsung, ini akan mengangkat sektor ekonomi masyarakat. Karena adanya event itu bisa menjadi magnet masyarakat untuk datang. Dengan begitu para pelaku UMKM akan merasa diuntungkan,” terang Mas Ipin-sapaan akrabnya.

Bupati Arifin juga menyinggung terkait penggunaan produk lokal dalam pengadaan barang dan jasa. Seperti petunjuk dan arahan Presiden Jokowi benar-benar dijalankan.

“OPD diminta benar-benar memperhatikan arahan ini,” tegasnya

Selain itu juga, dirinya turut mengepreasiasi perkembangan Desa Wisata River Tubing Watu Kandang Desa Pandean, Kecamatan Dongko, yang terus berbenah. Menurutnya, masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan.

“Ini sebuah prestasi yang membanggakan. Apalagi, bila dilengkapi kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pasti akan lebih membanggakan lagi,” papar Bupati Arifin. (mil/sit)

Lanjutkan Membaca
Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.