Hukum & Kriminal

Ditinggal Layani Pembeli Bensin, Rumah dan Mobil Warga Probolinggo Ludes Terbakar

Diterbitkan

-

Memontum Probolinggo – Rumah milik Saiful Arifin (49), di Kelurahan Kandangjati Kulon, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, hangus terbakar, Selasa (07/05/2024) siang. Kebakaran tersebut, diduga disebabkan karena lupa mematikan kompor saat meninggalkan rumah.

Warga setempat, Moh Hifdil Hasan Maulana (27), mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 10.30. Saat itu, sudah terlihat asap hitam dan warga setempat kemudian langsung mendatangi rumah korban.

“Warga kemudian pergi ke rumah yang terbakar itu dan langsung mengambil air di sungai untuk nyiram apinya,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Kraksaan, Kompol Sujianto, mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun dari penyelidikan sementara, didapat keterangan bahwa istri korban, Rohma, sebelumnya menyalakan kompor untuk memasak dan ditinggal keluar rumah sekitar 1 jam.

Advertisement

“Ada dugaan, api itu berasal dari kompor yang menyala. Istri korban sendiri, saat itu sedang memasak namun lupa dan ditinggal ke luar rumah untuk melayani pembeli bensin di depan rumahnya,” terangnya.

Baca juga :

Akibat kebakaran tersebut, Saiful Arifin yang saat kejadian ada di belakang rumah, mengalami luka bakar ringan. Luka itu, dialami saat mencoba membantu memadamkan api. Sementara untuk kerugian, ditafsir hingga Rp 150 juta, karena juga terdapat mobil.

Kapolsek juga menjelaskan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan olah Tempat Kejadian Peerkara (TKP) dan mendatangkan Tim Identifikasi Polres Probolinggo. “Saat ini masih kami lakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Sementara itu, istri korban, Rohma, tidak menapik bahwa dirinya memang meninggalkan korban dalam kondisi menyala. Itu karena, pada saat bersamaan ada pembeli bensin di depan rumahnya. “Saya keluar, karena ada yang mau beli bensin. Ya agak lama saya di luar, terus terdengar suara ledakan (dari kebakaran, red) itu,” ujar Rohma.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kabupaten Probolinggo, Mustopo, mengatakan pihaknya menurunkan 10 personel dalam pemadaman kebakaran ini. Proses pemadaman api berjalan lancar karena lokasi kebakaran berdekatan dengan sungai. “Alhamdulillah api cepat dipadamkan dengan dibantu warga yang menyiramkan air ke rumah yang terbakar,” ujarnya. (nun/pix/gie)

Advertisement
Lewat ke baris perkakas